Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Tetap Semangat Bekerja di Hari Senin

Tips Tetap Semangat Bekerja di Hari Senin

Jakarta – Bagi sebagian karyawan terutawa mereka yang kerja kantoran, hari Senin merupakan hari yang paling dihindari karena hari ini adalah hari yang memulai kerja selama seminggu, sedangkan hari Jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu karena akhir pekan sudah di depan mata. Oleh karena itu, kita sering mendengar catchphrase atau melihat status di media sosial seperti “I don’t like Monday!” atau “TGIF! (Thank God It’s Friday!)”.

Tips Tetap Semangat Bekerja di Hari Senin

Ilustrasi

Meski demikian, belakangan ada catchphrase baru yang didengung-dengungkan oleh banyak motivator baik di Indonesia maupun di dunia internasional, yaitu “Monday is Money Day” yang mengajak para pekerja untuk mengubah cara pandang terhadap hari Senin yaitu menjadikannya sebagai hari yang membuka pintu menuju banyak peluang rezeki dan keberhasilan.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan semangat bekerja di hari Senin seperti dilansir dari keluarga.com, Minggu (12/3/2017):

1. Bangun lebih pagi

Sebagian orang suka bangun pagi, bahkan lebih awal daripada kokok ayam jantan atau seruan sholat Subuh dari mesjid terdekat. Itu bagus sekali. Tetapi sebagian orang lainnya hampir selalu kesulitan bangun pagi, padahal sudah dibantu dengan alarm. Tidurlah lebih awal agar Anda dapat bangun lebih pagi. Aturlah alarm Anda 15 menit lebih cepat karena dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan sebelum bekerja. Lakukan doa pagi atau meditasi untuk menyiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda akan merasa lebih sadar dan terhubung dengan hal-hal yang perlu Anda lakukan di tempat kerja.

2. Persiapkan sejak hari Jumat

Apabila Anda sudah membuat rencana bepergian ke luar kota selama akhir pekan, maka persiapkan segala sesuatu untuk seminggu ke depan pada hari Jumat seusai kerja, misalnya menyeterika pakaian kerja, belanja bahan makanan, mencuci kendaraan, dan membersihkan pekarangan rumah. Apabila sebagian besar persiapan sudah dilakukan dari jauh hari, maka Senin pagi Anda akan lebih terkendali.

3. Sarapan

Hampir semua orang tahu bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Pernyataan ini didukung oleh banyak hasil studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang sering melewatkan sarapan akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan merasa kekurangan energi di tempat kerja. Dan ini belum termasuk rasa malu karena ada suara-suara bergemuruh dari perut kosong sekitar pukul 10 pagi. Pastikan Anda makan sarapan yang seimbang. Dan jika Anda tidak sempat, Anda bisa makan sebuah pisang dan segelas susu.

4. Tetapkan target-target yang dapat dicapai

Untuk meningkatkan produktivitas Anda, tetapkan beberapa target sederhana untuk hari ini. Target-target sederhana ini hendaknya cukup mudah untuk dilaksanakan, tetapi juga lumayan susah sehingga membutuhkan upaya sungguh-sungguh dari Anda, misalnya tiba awal di tempat kerja, menyelesaikan deadline hari ini, dan pulang ke rumah sebelum matahari terbenam agar dapat meluangkan waktu dengan keluarga. Menambahkan struktur yang teratur pada kegiatan harian Anda di tempat kerja akan memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kreativitas, manajemen waktu yang lebih baik, dan kemampuan untuk membuat prioritas.

5. Rencanakan aktivitas yang menyenangkan

Terkadang Anda perlu memberi penghargaan kepada diri sendiri. Kenapa harus menunggu sampai hari Jumat untuk bersenang-senang? Anda dapat merencanakan aktivitas yang menyenangkan di hari Senin seusai jam kerja, misalnya makan malam romantis dengan istri/suami atau pergi nonton film di bioskop bersama teman-teman.

6. Hindari pemikiran dan perkataan negatif

Terlepas dari betapa keras upaya Anda untuk tetap ceria, hari Senin sering kali dipenuhi sikap negatif orang lain. Dari perjalanan Anda menuju tempat kerja atau sikap rekan kerja di kantor, terkadang Anda akan mendengar keluhan orang lain bahwa mereka merasa lelah dan kurang istirahat karena akhir pekan dihabiskan dengan bepergian ke luar kota atau berpesta. Triknya adalah tidak membiarkan komentar negatif orang lain memengaruhi keceriaan Anda. Alih-alih bergabung dengan obrolan negatif mereka, Anda dapat memilih untuk tidak berpartisipasi dan berfokus pada aktivitas kerja.

7. Berbuat baik kepada sesama

Karena Anda tahu bahwa hampir semua orang menderita menghadapi hari Senin, mengapa Anda tidak melakukan kebaikan untuk membuat hari mereka sedikit lebih baik? Anda dapat melakukan sedikit tindakan kebaikan di manapun Anda berada, misalnya membuat sarapan untuk keluarga, memberikan tempat duduk Anda di bus kepada orang yang berdiri, dan memberi pujian kepada rekan kerja. Ingatlah, seburuk-buruknya hari Anda, masih ada orang lain yang tidak seberuntung Anda. Kehidupan ini hendaknya tidak dihabiskan dengan berfokus pada hal-hal buruk yang terjadi, tetapi menikmati hal-hal yang berjalan baik. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

3 Tips Memperoleh Beasiswa Perguruan Tinggi

3 Tips Memperoleh Beasiswa Perguruan Tinggi

Jakarta – Siapapun pasti sadar jika kuliah di perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tak sedikit. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis