Home > Ragam Berita > Internasional > Trump Berikan Wewenang Lebih kepada CIA

Trump Berikan Wewenang Lebih kepada CIA

Washington – Wewenang baru diberikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump kepada Badan Intelijen Pusat (Central Intelligence Agent/CIA) untuk melancarkan serangan melalui pesawat nirawak terhadap tersangka pegaris keras pada Senin (13/3/2017) malam waktu setempat.

Trump Berikan Wewenang Lebih kepada CIA

Donald Trump

“Langkah itu akan mengubah kebijakan Presiden Barack Obama, yang membatasi peran paramiliter CIA,” demikian kata pejabat setempat sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (14/3/2017).

Gedung Putih, Kementerian Pertahanan, dan CIA tidak secara langsung menanggapi permintaan tanggapan oleh wartawan. Obama berusaha mempengaruhi pedoman global dalam penggunaan serangan pesawat nirawak karena negara lain mulai mengembangkan program pesawat tanpa awak.

Amerika Serikat menjadi negara pertama menggunakan pesawat nirawak dilengkapi peluru kendali untuk membunuh tersangka pegaris keras sesudah peristiwa 11 september 2001 di New York dan Washington.

Serangan pesawat tanpa awak “Predator” dan “Reaper”, yang dilengkapi peluru kendali dan membidik negara lain mulai dilakukan pada masa Presiden George W Bush dan diperluas penggunaannya oleh Obama.

Kritik terhadap program serangan tersebut memunculkan pertanyaan apakah serangan ini menghasilkan lebih banyak militan dari yang mereka bunuh. Mereka mengutip bahwa persebaran organisasi Jihadis dan serangan militan di seluruh dunia adalah sebagai bukti bahwa serangan pesawat nirawak dapat memperburuk keadaan.

Pada Juli, pemerintah Amerika Serikat menerima tanggung jawab atas kematian 116 warga akibat serangan di negara tidak terlibat perang dengan Amerika Serikat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Bakal Bertemu dengan Presiden AS

Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Bakal Bertemu dengan Presiden AS

Washington – Deputi Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman dikabarkan meninggalkan Arab Saudi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis