Home > Teknologi > Saling Usir Dubes, Keharmonisan Korut dan Malaysia Memanas

Saling Usir Dubes, Keharmonisan Korut dan Malaysia Memanas

Kuala Lumpur – Keharmonisan antara Korea Utara (Korut) dan Malaysia yang sudah terjalin sejak 1973 kini terguncang. Hubungan diplomatik kedua negara memanas sejak kasus pembunuhan kakak tiri pimpinan Korut, Kim Jong-un, Kim Jong-nam mencuat.

Saling Usir Dubes, Keharmonisan Korut dan Malaysia Memanas

Hal tersebut adalah Buntut dari ketegangan pengusiran duta besar (dubes) satu sama lain. Tak hanya itu, Korut mengeluarkan kebijakan yang ‘seolah’ menyandera warga Malaysia dan begitupun sebaliknya.

Hingga kini masih belum ada titik terang bagaimana kedua negara akan menyelesaikan perseteruan mereka. Namun, Pengamat Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto menyebut, Malaysia harus berhitung kembali jika ingin berhahadapan dengan Korut.

“Kedua negara ‘kan sama-sama bersikeras, seperti saling usir dubes. Tapi Malaysia berhitung tidak, tengah berhadapan dengan siapa? Kalau sesuai hubungan internasional, tindakan Malaysia membalas Korut sih sah-sah saja. Tapi mereka harus berhitung kembali siapa yang sedang dihadapi. Pimpinan Korut itu otoriter dan bisa bertindak implusif,” ujar Hikmahanto pada Rabu (15/3/2017).

Hikmahanto sendiri tidak bisa memprediksi penyelesaian sengketa Malaysia -Korut. “Pasalnya, sebagai negara tertutup, pergerakan dan sikap Korut sulit ditebak,” tukasnya.

Pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu mengumumkan rencananya untuk menggelar pertemuan dengan Korut sebagai upaya penyelesaian pertikaian.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman mengatakan Korut juga telah siap untuk memulai negosiasi. Namun, hingga kini belum diketahui apa hasil pertemuan kedua negara. Malaysia sendiri diketahui sebagai salah satu dari sedikit negara yang menjaga hubungan baik dengan Korut. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Curhatan Blogger Wanita Yang Ditinggal Selingkuh Suaminya Ini Jadi Viral di Medsos

Curhatan Blogger Wanita Yang Ditinggal Selingkuh Suaminya Ini Jadi Viral di Medsos

Jakarta – Seorang blogger wanita bernama Ary Yogeswary mendadak menjadi perbincangan di media sosial setelah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis