Home > Teknologi > Internet > Akun Bot di Twitter Diduga Jumlahnya Mencapai 48 Juta

Akun Bot di Twitter Diduga Jumlahnya Mencapai 48 Juta

Jakarta – Hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan media sosial dalam aktivitas sehari-harinya. Salah satu media sosial yang cukup diminati adalah Twitter. Namun siapa sangka bila ternyata 15 persen pengguna twitter adalah bot.

 Akun Bot di Twitter Diduga Jumlahnya Mencapai 48 Juta

Maka dapat disimpulkan bila 48 juta dari 319 juta total pengguna twitter beraktifitas bukan sebagai pengguna asli. Dengan kata lain, retweet atau favorite yang bertebaran di lini masa Twitter bukan dari pengguna Twitter sungguhan, melainkan dari bot.

Studi ini dilakukan oleh University of Southern California (USC) dan Indiana University. Bot merupakan sebuah perangkat lunak atau aplikasi untuk menjalankan tugas-tugas secara otomatis di internet.

Kepada CNBC seperti dkutip dari Tech Times, Senin (13/3/2017), USC melakukan riset dengan menggunakan sample ratusan akun untuk membuktikan apakah itu akun sungguhan atau hanya bot.

Tim riset menggunakan kategori teman, konten tweet, sentimen khusus, hingga interval antar-tweet. Dengan seluruh elemen tersebut, tim riset menemukan 9-15 persen dari pengguna aktif Twitter menggunakan bot. Bot diketahui memang cukup berbahaya karena akun bot dapat meniru perilaku manusia. Apalagi di situasi politik, akun bot digunakan untuk menyebarkan propaganda hingga informasi bohong.

Bagi Twitter, hal ini penting mengingat perusahaan sedang berjuang untuk mendongkrak jumlah pengguna di tengah ketatnya persaingan media sosial, seperti Facebook, Snapchat, dan Instagram.

Baca juga : Jika Masuk Kafe Ini, Pengunjung Dilarang Menggunakan Smartphone dan Laptop

Namun, menurut tim riset, tidak semua akun bot di Twitter hanya menyebarkan laporan palsu dan spam.
Bahkan seperti yang dikatakan juru bicara Twitter mengatakan, ada beberapa akun bot berguna untuk memberikan peringatan adanya bencana alam atau mengirimkan informasi penting. (Icha – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bocoran Wikileaks: CIA Produksi 1.000 Malware Yang Bisa Mengambil Alih Data Smartphone

Bocoran Wikileaks: CIA Produksi 1.000 Malware Yang Bisa Mengambil Alih Data Smartphone

Jakarta – Wikileaks kembali membocorkan beberapa dokumen rahasia Amerika Serikat (AS) pada Selasa (7/3/2017) yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis