Jakarta – Banyak pertanyaan yang timbul pada wanita yang awalnya merasa hamil namun ternyata tidak. Apakah tanda kehamilan cukup dengan hasil dari tes pack saja?

Ini Dia Tanda-Tanda Wanita Mengalami Kehamilan

Apa tanda-tanda yang bisa dirasakan bila seorang wanita itu hamil?

1. Payudara Membesar
Seperti halnya saat mendekati menstruasi, wanita akan merasakan payudaranya sedikit membesar dan kadang disertai rasa nyeri bila disentuh.

2. Mudah Lelah
Tiba-tiba malas untuk melakukan kegiatan seperti biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga.

3. Mual dan Muntah
Gejala ini identik dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan perempuan hamil merasa mual dan muntah di pagi hari bahkan siang dan malam hari. Biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester pertama.

4. Penciuman Lebih Sensitif
Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil menyebabkan daya penciumannya menjadi lebih tajam dari biasanya.

5. Sering Kencing
Perubahan hormon juga menyebabkan meningkatnya aliran darah dan frekuensi kencing.

6. Perut Kembung
Jika belakangan Anda sering merasa perut kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

7. Tidak Haid
Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda dari kehamilan hamil. Karena itu, selalu mencatat siklus haid menjadi penting bagi wanita.

8. Suhu Tubuh Naik
Suhu basal (suhu ketika seseorang baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika memang mengalami kehamilan.

9. Spotting
Adanya bercak darah (spotting), padahal sudah melewati siklus haid. Bisa jadi itu akibat penempelan embrio pada dinding rahim. Beristirahat dan berkonsultasi dengan dokter mungkin lebih baik dilakukan.

10. Kram Ringan
Kram ringan juga dapat dijumpai pada beberapa perempuan hamil dan diduga berkaitan dengan proses implantasi yang sedang terjadi.
(samsul arifin – harianindo.com)