Home > Ragam Berita > Nasional > Terkuak, Pengusaha Penyedia Jasa di E-KTP Adalah Rekanan Setya Novanto

Terkuak, Pengusaha Penyedia Jasa di E-KTP Adalah Rekanan Setya Novanto

Jakarta – Mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap mengakui bahwa pengusaha penyedia barang dan jasa di proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong merupakan orang dekat Ketua DPR Setya Novanto.

Terkuak, Pengusaha Penyedia Jasa di E-KTP Adalah Rekanan Setya Novanto

Hal itu terungkap setelah Jaksa KPK Abdul Basir mengkonfirmasi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Chairuman dalam sidang dua terdakwa korupsi e-KTP Irman dan Sugiharto.

Awalnya, politikus Golkar itu berkilah. Chairuman hanya mengatakan Andi Narogong sering ada di DPR. “Saya enggak tahu proyek itu yang mana. Bahwa dia sering di situ, saya dengar-dengar. Saya enggak tahu apa aja proyek dia,” jawab Chairuman.

Jaksa Basir kemudian melanjutkan isi BAP Chairuman. “Dan memiliki kedekatan dengan Setya Novanto?” katanya pada Sabtu (18/3/2017)

“Enggak ada,” jawab Chairuman masih membantah. Tampak geram, Jaksa Basir lansung menegur Chairuman.

“Kok enggak ada? Itu keterangan saudara waktu penyidikan. Gimana katakan enggak ada?” tegas Jaksa Basir.

Akhirnya, dengan nada suara parau, dia mengakuinya. “Iya. Itulah sejauh mana kedekatannya enggak tahu juga. Karena proyek-proyek,” ujar Chairuman.

Baca juga: KPK Tegaskan Punya Strategi untuk Jerat Pihak yang Terlibat Kasus E-KTP

Dalam perkara ini, Andi Narogong disebut beberapa kali menemui Setnov saat menjabat ketua fraksi Golkar. Pertemuan itu untuk membahas anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 miliar. Dalam pertemuan itu, turut hadir sejumlah pejabat Kementerian Dalam Negeri (kemendagri).

Andi juga meyakinkan pihak Kemendagri agar dia menjadi pelaksana proyek e-KTP dengan garansi akan memberikan uang kepada anggota DPR dan pejabat Kemendagri. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Resmi Tetapkan Komisaris PT BEP sebagai Tersangka Korupsi Proyek Jalan Papua

KPK Resmi Tetapkan Komisaris PT BEP sebagai Tersangka Korupsi Proyek Jalan Papua

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan pengerjaan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis