Jakarta – Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno lebih populer di kalangan pengguna media sosial dibandingkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Hal itu terungkap dalam survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Anies-Sandi unggul di pengguna Facebook sebesar 47,58 persen dan Instagram 49,99 persen.

Denny JA : Anies Mendapat Dukungan dari User Pengguna Facebook dan Instagram

Anies Baswedan

Sementara , ok-Djarot hanya unggul di Twitter sebesar 53,34 persen. LSI Denny JA mensurvei dari pengguna tiga media sosial yang disurvei yakni Facebook, Instagram, dan Twitter.

“Anies kuasai pengguna media sosial yang aktif dan pasif. Terutama Facebook dan Instagram. Namun Twitter dikuasai Ahok,” kata peneliti LSI Denny JA Rully Akbar pada Selasa (21/3).

Secara keseluruhan di kalangan pengguna aktif media sosial, Anies-Sandi unggul 46,20 persen sementara Ahok-Djarot 43,10 persen. Di kalangan pengguna pasif media sosial Anies-Sandi unggul 54,60 persen, Ahok-Djarot memperoleh 37,40 persen.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error plus minus 4,8 persen. Data survei diperoleh dari hasil wawancara tatap muka terhadap 440 responden pengguna media sosial serta menggunakan kuesioner.

Survei dilakukan pada tanggal 27 Februari sampai 3 Maret 2017. Rully menyebut tiga hal yang membuat Anies-Sandi unggul di media sosial.

Baca juga: KPK Segera Tindak Lanjuti Aduan Tri Rismaharini

Pertama, mayoritas pengguna media sosial ingin Jakarta memiliki gubernur baru. Kedua, pengguna media sosial menilai Ahok telah menistakan agama.

Hal terakhir karena mayoritas pengguna media sosial tidak nyaman dengan status Ahok sebagai terdakwa kasus penistaan agama. Meski demikian, sebesar 73,60 persen atau mayoritas pengguna media sosial puas dengan kinerja Ahok sebagai gubernur.
Sisanya, terdapat 26,40 persen yang tidak puas dengan kinerja Ahok. (Tita Yanuantari – harianindo.com)