Home > Ragam Berita > Nasional > Rais Syuriah PBNU : “Konteks Surat Al Maidah Ayat 51 Adalah Peperangan Secara Fisik”

Rais Syuriah PBNU : “Konteks Surat Al Maidah Ayat 51 Adalah Peperangan Secara Fisik”

Jakarta – Kuasa hukum dari terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghadirkan saksi ahli agama yang merupakan Rais Syuriah PBNU Jakarta KH Ahmad Ishomuddin. Dalam keterangannya, dia memberikan penjelasan mengenai konteks surat Al Maidah ayat 51.

Rais Syuriah PBNU : "Konteks Surat Al Maidah Ayat 51 Adalah Peperangan Secara Fisik"

Persidangan Ahok

Ahmad menyebutkan, surat Al Maidah ayat 51 menjelaskan hubungan antara orang islam dengan pemeluk agama lain saat perang fisik terjadi. Ayat tersebut dapat diterapkan jika ada konteks yang sama terjadi saat ini.

“Kalau diterapkan dalam konteks kekinian, puncak permusuhan bisa terjadi jika konteksnya sama yaitu terjadi peperangan secara fisik antara orang islam dengan agama lain. Konteks surat Al Maidah ayat 51 adalah peperangan,” katanya di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2017).

Dosen di IAIN Raden Intan Lampung itu mengutarakan, tidak setuju dengan tafsiran surat Al Maidah ayat 51 yang menyatakan umat muslim tak boleh berteman setia, apalagi memilih pemimpin dari keyakinan lain. Sebab tafsir yang mengatakan hal demikian tidak melalui proses yang benar.

Ahmad juga menerangkan, ada empat metode tafsir yang kerap digunakan untuk mengartikan ayat suci Alquran. Keempat cara itu adalah metode penafsiran global, analisis, perbandingan antar ayat dengan hadis nabi atau ayat lain dan kajian tematik.

Baca juga: PKS Lebih Memilih Merapat Ke Istri Aher Ketimbang Usung Ridwan Kamil

“Saya meneliti beberapa kitab tafsir. Salah satu kitab tafsir berkata bahwa ayat tersebut ditujukan untuk orang beriman. Pendapat lain mengatakan bahwa sasaran larangan ini adalah orang-orang munafik agar mereka kembali pada keimanan dan tidak berkhianat kepada umat islam,” jelasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tak Hanya Ahok, Agus Yudhoyono Juga Masuk Bursa Capres 2019

Tak Hanya Ahok, Agus Yudhoyono Juga Masuk Bursa Capres 2019

Jakarta – Nama Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Agus Harimurti Yudhoyono masuk ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis