Home > Ragam Berita > Nasional > Pejabat Kemenkeu Ternyata Mendapat Aliran Dana E-KTP

Pejabat Kemenkeu Ternyata Mendapat Aliran Dana E-KTP

Jakarta – Aliran dana dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk (e-KTP) mengalir ke sejumlah pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal itu terungkap dalam persidangan terdakwa korupsi e-KTP bekas pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (23/3).

Pejabat Kemenkeu Ternyata Mendapat Aliran Dana E-KTP

Awalnya, bekas Kepala Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Kependudukan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri Wisnu Wibowo mengaku mendapat uang dari Sugiharto. Dia mengatakan, pemberian uang dari Sugiharto itu setelah DPR menyetujui anggaran proyek e-KTP Rp 5,9 triliun. Penganggarannya pun menggunakan tahun jamak.

Menurut Wisnu, pemberian uang itu dilakukan di ruang kerja Sugiharto yang kala itu menjabat Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri.“Saya dipanggil Pak Sugiharto ke ruangan bersama Pak Ananto setelah persetujuan anggaran multiyears,” kata Wisnu di hadapan majelis hakim yang dipimpin John Halasan Butarbutar.

Menurut Wisnu, pemberian itu sebagai ucapan terima kasih dari Sugiharto. “Beliau (Sugiharto) mengatakan “ini sekadar ucapan terima kasih”,” katanya.

Baca juga: Tim Anies-Sandi Imbau DPT Disempurnakan, Apa Alasannya ?

Nah, Wisnu menegaskan, bukan hanya dia saja yang mendapat uang. Menurut dia, Sugiharto juga memberikan uang kepada tiga orang di Ditjen Anggaran Kemenkeu yakni Indra, Asfahan dan Asni.

Hanya saja, Wisnu mengaku tidak mengetahui berapa jumlah yang tersimpan dalam yang dimasukkan di map tersebut. “Pak Sugiharto bilang ini uang ucapan terima kasih, mau dikasih Pak Indra, Bu Asmi, Asfahan, pegawai Direktorat (Jenderal) Anggaran Kemenkeu,” ujarnya.

Lantas, Wisnu dan Ananto menyerahkan duit ucapan terima kasih dari Sugiharto itu kepada pejabat di Kemenkeu. “Saya serahkan ke Indra, sementara Pak Ananto memberikan uang Afni dan Asfahan,” ungkap Wisnu. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Memaksa Masuk Gereja, Pendemo Lempari Polisi Dengan Batu

Memaksa Masuk Gereja, Pendemo Lempari Polisi Dengan Batu

Bekasi – Kompol Erna Ruswing selaku Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota menyatakan, massa pengunjuk ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis