Jakarta- Penyakit infertil atau radang panggul ternyata tiga kali lebih cepat menyerang wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dengan lebih dari 10 pria.

Awas, Resiko Infertil Bagi Wanita Yang Telah Bercinta Dengan 10 Pria

Menurut para ahli, wanita yang telah berhubungan seksual dengan 10 pria dapat mengalami gangguan kesuburan, bahkan, bisa terkena resiko yang lebih besar, yaitu menderita pelvic inflammatory disease (PID) alias infeksi radang panggul.

PID merupakan infeksi yang menjangkit rahim, tuba fallopi, leher rahim, dan panggul. PID menyebabkan infertilitas dan rasa nyeri abadi dalam perut, parahnya, infeksi ini bisa menyebabkan kehamilan diluar rahim ( kehamilan ektopik).

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) menemukan, wanita yang sudah melakukan hubungan seksual semenjak umur 12 tahun berpotensi mengidap penyakit ini delapan kali lebih cepat.

Gejala PID sendiri ditandai dengan nyeri pada perut bagian bawah, berdarah dan merasakan sakit ketika berhubungan seksual, demam, nyeri saat buang air kecil dan mengalami pendarahan saat bukan pada waktu menstruasi.

Penyakit ini dapat diobati jika didiagnosis sedari dini. Tapi, kerusakan organ yang sudah disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat dikembalikan.

Baca juga: Gaya Ciuman Menyimpang tak Baik untuk Kesehatan

Maka dari itu, sangat penting bagi wanit untuk melakukan hubungan seksual yang aman, tidak bergonta-ganti pasangan, dan melakukan pemeriksaan dini secara rutin dengan dokter. (Rere – harianindo.com)