Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Telah Ditemukan Obat Baru Yang Mampu Membunuh Sel Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi

Telah Ditemukan Obat Baru Yang Mampu Membunuh Sel Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi

Jakarta – Kanker payudara memang adalah salah satu penyakit yang paling mematikan selain jantung. Penyakit itu memang terbilang ganas dan sulit untuk disembuhkan. Terlebih lagi tanpa kemoterapi dan penanganannya terlambat. Akan tetapi, sebuah penelitian baru-baru ini, menemukan obat-obatan yang bisa membunuh sel kanker payudara dalam 11 hari, tanpa harus menjalani kemoterapi.

Telah Ditemukan Obat Baru Yang Mampu Membunuh Sel Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi

Ilustrasi

Seperti yang dikutip dari Futurism, penelitian tersebut dilakukan oleh tiga lembaga, Institute of Cancer Research, London, the University of Manchester, dan University Hospital of South Manchester. Sekitar 257 perempuan yang telah positif terdeteksi adanya sel kanker payudara diteliti menggunakan metode HER2.

Mereka membagi pasien kanker payudara tersebut menjadi beberapa kelompok dan diobati selama 11 hari sebelum operasi. Para pasien yang diberi obat kombinasi tersebut dibandingkan dengan pasien lainnya yang hanya mendapat satu obat, atau tidak mengonsumsi obat sebelum melakukan operasi.

Untuk menilai hasil penelitian, mereka mengambil contoh jaringan tumor lewat biopsi. Jaringan tersebut lantas diperiksa apakah kandungan protein Ki67 (yang mengindikasikan adanya perkembangbiakan sel) berkurang atau tidak.

Baca Juga : Awas, Bercinta Didalam Air Beresiko Terjadi Infeksi

Hasilnya, kandungan Ki67 pada pasien yang menerima obat kombinasi berangsur berkurang. Disamping itu, 11% dari mereka memiliki respon patologi komplit. Hal tersebut berarti tak ada sel kanker aktif yang ditemukan. Sementara 17 persennya tak memiliki penyakit residual. Judith Bliss, ketua tim peneliti mengatakan, obat yang digunakan dalam pengobatan kombinasi ini merupakan trastuzumab dan lapatinib.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Survey, Pria Turki Tidak Tahan Lama Saat Bercinta

Jakarta ā€“ Bercinta memang hal yang menyenangkan bagi setiap pasangan suami istri. Keinginan setiap orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis