Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Sebut Jakarta Belum Terapkan Open Governance, Djarot Ajak ke Jakarta Smart City Lounge

Anies Sebut Jakarta Belum Terapkan Open Governance, Djarot Ajak ke Jakarta Smart City Lounge

Jakarta – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta petahana, Djarot Saiful Hidayat, mengaku agak terkejut karena calon Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut Jakarta belum menerapkan open governance.

Anies Sebut Jakarta Belum Terapkan Open Governance, Djarot Ajak ke Jakarta Smart City Lounge

“Astagfirullah al adzim, sudah dari dulu, kami open banget, bahkan open data supaya bisa diketahui,” kata Djarot di kawasan Klender, Jakarta Timur, Minggu (26/3/2017).

Djarot menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan sistem keterbukaan data, mulai dari e-budgeting, e-musrenbang, dan lain-lain. Namun demikian, hanya pihak-pihak tertentu yang dapat mengakses e-budgeting, termasuk dalam mengubah anggaran.

Password e-budgeting hanya dimiliki oleh Gubernur, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Bappeda DKI, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta.

Anggaran yang telah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta dan dievaluasi Kementerian Dalam Negeri kemudian akan ditayangkan di situs jakarta.go.id. yang dapat diakses oleh semua orang.

Karena itu, Djarot berencana untuk mengajak Anies Baswedan melihat Jakarta Smart City Lounge yang terletak di lantai 3 Balai Kota DKI Jakarta. Di tempat itu dapat dilihat seluruh kota Jakarta dalam satu ruangan.

“Mungkin Pak Anies baru tahu, makanya sekali waktu mungkin Pak Anies perlulah diundang ke Balai Kota agar bisa lihat Jakarta Smart City. Bagaimana proses e-budgeting kita, e-planning kita, e-musrenbang kita. Itu bisa diketahui semua orang dengan menggunakan teknologi informasi dan aplikasi,” kata Djarot.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jawara Banten Dikerahkan Untuk Pengamanan Aksi 313

Jawara Banten Dikerahkan Untuk Pengamanan Aksi 313

Jakarta – Akan digelar sebuah aksi yang dinamakan Aksi Bela Islam pada Jumat (31/3/2017) besok. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis