Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Enam Makanan Ini Wajib Ada Pada Perayaan Nyepi

Enam Makanan Ini Wajib Ada Pada Perayaan Nyepi

Jakarta – Berbeda dengan hari raya lainnya yang penuh dengan sukacita dan kemeriahan, pada Hari Raya Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 Maret 2017, justru dilalui dengan suasana keheningan dan jauh dari keramaian.

Enam Makanan Ini Wajib Ada Pada Perayaan Nyepi

Meskipun keheningan identik dengan Hari Raya Nyepi, namun sama seperti hari raya lainnya, Nyepi juga diwarnai dengan berbagai macam makanan khas yang wajib ada pada sebuah perayaan hari raya.

Berikut ini beberapa macam makanan khas yang selalu ada di Hari Raya Nyepi:

1. Entil
Makanan ini menyerupai ketupat namun bedanya entil dibungkus dengan daun nyelep atau talengidi. Daunnya panjang dan lebar mirip daun kunyit.
Setelah beras dibungkus dengan daun nyelep, entil kemudian diikat dengan tali bambu. Entil direbus dalam waktu lama, bahkan lebih lama dari ketupat.

2. Ketongkol
Mirip dengan lontong tapi bentuknya kerucut. Makanan ini umumnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Lauk dan sayur tambahan yang kerap ditambahkan dalam ketongkol adalah kelapa parut, kerupuk, dan sambal matah, sedangkan sayurnya sayur adalah lawar atau jukut urab serta telur rebus.

3. Pulung Nyepi
Kue ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang dikukus. Setelah matang, adonan ini dibentuk bulat dan sedikit lonjong. Setelah siap, adonan ini direbus.

Pulung Nyepi disajikan dengan tambahan parutan kelapa muda. Makanan tradisional ini biasanya selalu ada jelang pengerupukan.

4. Cerorot
Kue berbentuk kerucut dan berwarna cokelat ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Kue ini dibungkus dengan menggunakan janur yang dililit membentuk kerucut.

5. Nasi Tepeng
Salah satu varian nasi Bali ini memiliki rasa rempah dan lada yang pedas menggigit. Biasanya Nasi Tepeng disajikan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

6. Jaja Apem
Berbeda dengan jenis apem lainnya, apem Bali ini tidak ditambahkan gula. Sebagai pemanis, Jaja Apem disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep Spaghetti Bolognese Egg Rolls

Resep Spaghetti Bolognese Egg Rolls

Jakarta – Ingin menyajikan spaghetti yang unik dan berbeda? cobain deh spaghetti bolognese egg rolls. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis