Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Langkah Konkret Kendalikan Diabetes Anda

5 Langkah Konkret Kendalikan Diabetes Anda

Jakarta – Diabetes adalah salah satu jenis penyakit mematikan. Diabetes dijuluki sebagai “mother of all the diseases” yang menjadi awal munculnya berbagai macam penyakit komplikasi, seperti jantung, kerusakan syaraf, dan ginjal.

5 Langkah Konkret Kendalikan Diabetes Anda

Diabetes

Oleh karenanya, penyakit ini tak bisa dianggap remeh karena bisa mengakibatkan kematian. Bagi Anda yang sudah terlanjur mengidapnya, terdapat lima cara untuk membantu mengontrol penyakit tersebut seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (1/4/2017):

1. Bergabung dalam komunitas dan aktif mencari informasi perawatan diabetes

Komunitas penyandang diabetes akan sangat membantu dalam mengontrol penyakit ini. Anda akan merasa tidak sendirian dalam melawan diabetes. Kehadiran komunitas juga sebagai alarm pengingat Anda untuk senantiasa mengontrol diabetes. Disarankan, dalam komunitas tersebut juga terdapat ahli diabetes, ahli gizi, ahli endokrin, podiatris, psikolog, atau terapis untuk memudahkan kontrol ataspenyakit diabetes.

2. Kendalikan berat badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pendorong utama epidemi diabetes. Oleh karena itu, sangat disarankan penyandang diabetes dapat menjaga indeks masa tubuh ideal.

3. Aktif olahraga

Penyandang diabetes dianjurkan rutin berolahraga, yaitu tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit. Olahraga akan membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu insulin bekerja lebih baik.

4. Hindari stres

Diabetes berhubungan erat dengan stres. Sebab, stres meningkatkan glukosa darah dan memperbesar risiko serangan jantung. Sebagian orang memilih merokok untuk meredakan stres. Cara ini dilarang, karena menghisap tembakau memengaruhi paru-paru dan mempersempit pembuluh darah.

Baca juga: 4 Akibat Malas Mengganti Sikat Gigi

5. Atur pola makan

Ingat, pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab utama diabetes.Jika sudah terjangkit, Anda harus mengontrol pola makan. Penyandang diabetes disarankan makan makanan yang mengandung seratt inggi, seperti buah-buahan, sayur, dan gandum utuh. Anda juga harus mengontrol asupan karbohirat dan menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kegiatan yang Tak Baik Dilakukan Langsung Setelah Makan

Kegiatan yang Tak Baik Dilakukan Langsung Setelah Makan

Jakarta – Makan merupakan kebutuhan mendasar setiap manusia. Agar semua nutrisi masuk ke dalam tubuh ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis