Home > Ragam Berita > Nasional > Megawati Soekarnoputri Menyatakan Keinginannya Untuk Pensiun Sebagai Ketua Umum PDIP

Megawati Soekarnoputri Menyatakan Keinginannya Untuk Pensiun Sebagai Ketua Umum PDIP

Jakarta – Ketika menghadiri acara Banteng Muda Indonesia (BMI) pada Kamis (30/3/2017) lalu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sempat mengungkap keinginannya untuk pensiun dari Partai Demokrasi Indones Perjuangan (PDIP).

Megawati Soekarnoputri Menyatakan Keinginannya Untuk Pensiun Sebagai Ketua Umum PDIP

Megawati Soekarnoputri

Bahkan, Mega mengaku keinginan tersebut sudah muncul sejak tahun lalu. Mega pun masih menunggu respon dari kadernya terkait keinginan tersebut. Ketika dikonfirmasi terkait hal ini, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa kepemimpinan di partainya ditentukan melalui kongres setelah mendengar aspirasi arus bawah.

Setelah dikonsultasikan dengan jajaran kader dan struktural partai, lanjut dia, mereka melihat bahwa kepeimpinan Megawati Soekarnoputri yang kokoh dalam prinsip dan terus menerus membangun organisasi sangat dibutuhkan oleh PDIP sendiri.

“Arus bawah dari PDIP tetap menghendaki kepemimpinan Ibu Megawati yang sangat kokoh dalam prinsip dan terus menerus membangun organisasi partai,” ujar Hasto di Koja, Jakarta Utara, Minggu (2/4).

Hasto menilai keinginan yang disampaikan oleh ketumnya tersebut hanya untuk mengingatkan bahwa salah satu tugas partai adalah menyiapkan pemimpin. Proses itulah yang terus menerus dilakukan oleh PDIP. Salah satunya melalui sekolah-sekolah partai.

Terkait hal tersebut, muncul sejumlah nama tokoh sebagai kandidat pengganti Megawati. Antara lain yakni Joko Widodo, Puan Maharani, Tri Rismaharini maupun Hasto sendiri. Pria berkacamata tersebut menjawab diplomatis. Menurut Hasto, proses kaderisasi di partainya terus dijalankan terutama untuk menyiapkan pilkada serentak.

Hal tersebut terbukti pada tahun 2015 dan 2017, PDIP sanggup membawa kader partai melalui sekolah partai untuk menjadi kepala daerah yang handal. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa PDIP tidak pernah kekurangan stok pemimpin.

Baca Juga : Pihak Mabes Polri Tegaskan Bahwa Tidak Ada Rekayasa Kasus Dalam Penangkapan Sekjen FUI

“Tapi terkait kepemimpinan partai, arus bawah dari PDIP masih menghendaki kepemimpinan Ibu Mega untuk terus menjaga partai ini agar setiap pada jalan ideologinya,” tegas dia.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Golkar Umumkan Calon yang Akan Diusung di Pilkada Jabar 2018

Golkar Umumkan Calon yang Akan Diusung di Pilkada Jabar 2018

Bandung – Surat Keputusan (SK) yang menyatakan bahwa akan memberikan dukungan penuh untuk Ketua DPD ...