Pada saat ini Formula 1 menggunakan mesin Turbo Hybrid V6. Mesin tersebut sudah dipakai semua mobil F1 sejak 2014. Meski begitu, kritikan datang terkait mesin tersebut.

Verstappen Berharap Mesin V10 Bisa Kembali Dipergunakan

V6 dianggap kurang bersuara jika dibandingkan dengan mesin V8, V10, ataupun V12. FIA pun dikabarkan sedang membicarakan regulasi mesin baru untuk beberapa tahun ke depan. Sempat menginginkan untuk kembali memakai mesin V10 atau V12, hal tersebut tak diamini oleh sebagian besar pihak. Menariknya, pembalap andalan Red Bull Racing, Max Verstappen, juga mengharapkan hal yang sama.

“Akan sangat menyenangkan jika kami bisa kembali memakai mesin V10 atau semacamnya. Dengan suara yang indah itu,” ujarnya sebagaimana diberitakan Autosport pada Rabu (5/4/2017).

“Mesin saat ini sebenarnya sangat baik untuk mobil saya. Tapi, rasanya tak terlalu baik bagi fans jika dibandingkan dengan V10 atau V12,” tambah dia.

V10 terakhir kali dipakai pada akhir 2005. Sebelum diganti menjadi mesin V8. Regulasi F1 saat ini memang mengharuskan mesin bisa tajam di jalanan yang relevan dengan sistem pemulihan energi yang baik dari komponen kunci.

Ketika elektrik mulai menjadi hal utama pada mesin di balapan, Verstappen mengaku tak menyukai hal tersebut. “Biarkan sesuatu yang sudah ada ini bertahan hingga 15 tahun ke depan. Saya akan baik-baik saja dengan ini. Setelah itu, semuanya bisa membuat mesin yang elektrik sepenuhnya. Saya berharap olahraga ini bisa terus menggunakan bensin dan mengeluarkan suara,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)