Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Tanda Tubuh Kekurangan Potasium

6 Tanda Tubuh Kekurangan Potasium

Jakarta – Anda pasti jarang mendengar tentang potasium. Padahal, potasium ini sangat penting untuk kekuatan otot, fungsi saraf dan sistem kardiovaskular yang sehat.

6 Tanda Tubuh Kekurangan Potasium

Kelelahan

Pakar nutrisi Janet Brill mengungkapkan, setiap hari Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi 4.700 mg potasium atau yang juga dikenal sebagai kalium. Kebanyakan orang masih memiliki kekurangan potasium. Ini karena semakin banyak natrium yang Anda konsumsi, semakin banyak pula potasium yang dikeluarkan oleh tubuh.

Terdapat beberapa gejala yang bisa menandakan tubuh Anda kekurangan potasium seperti dilansir dari metrotvnews.com, Senin (10/4/2017) berikut ini:

1. Anda terus mengalami kelelahan
Setiap sel dalam tubuh membutuhkan jumlah potasium yang tepat untuk dapat berfungsi baik, dan kekurangan potasium dapat mengakibatkan kelelahan.

2. Tekanan darah tinggi
Kalium membantu pembuluh darah menjadi rileks atau santai. Tanpa jumlah yang cukup, mereka jadi terbatas sehingga membuat tekanan darah meningkat.

3. Otot-otot lemah atau sering kram
Kalium berperan dalam kontraksi otot polos sehingga ketika kadar kalium rendah, Anda mungkin mengalami rasa sakit bahkan kejang di otot.

4. Jantung berdetak cepat
Banyak hal yang dapat menyebabkan detak jantung berdebar kencang dan salah satunya adalah karena rendahanya potasium.

5. Sembelit
Kadar kalium yang rendah dapat memperlambat fungsi tubuh dan sistem pencernaan Anda. Kembung dan kram perut juga dapat terjadi karena rendahnya kadar kalium dalam tubuh.

Baca juga: 10 Khasiat Minum Teh Herbal di Pagi Hari

6. Mengalami kesemutan dan mati rasa
Kalium dapat membantu menjaga saraf Anda tetap sehat dan tanpa itu, Anda mungkin akan mengalami sensasi seperti tertusuk-tusuk jarum atau mati rasa. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

10 Khasiat Minum Teh Herbal di Pagi Hari

10 Khasiat Minum Teh Herbal di Pagi Hari

Jakarta – Apabila Anda adalah seseorang yang gemar minum teh, maka Anda mungkin tahu bahwa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis