Jakarta – Survey terbaru Pilkada DKI Jakarta 2017 dirilis oleh lembaga survei Media Survei Nasional (Median) pada Senin (10/4/2017).

Survey Terbaru Pilkada DKI: Elektabilitas Anies-Sandi 49,8 Persen, Ahok-Djarot 43,5 Persen

Menurut Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, elektabilitas pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

“Ketika kami tanyakan kepada responden, pasangan mana yang akan anda pilih menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nanti? Ternyata 49,8 persen responden memilih Anies-Sandi,” kata Rico.

Pasangan Ahok-Djarot meraih 43,5 persen, sedangkan 6,7 persen sisanya belum menentukan pilihannya.

Namun demikian, rendahnya elektabilitas pasangan Ahok-Djarot tidak berbanding lurus dengan dengan tingkat kepuasan kinerja keduanya yang mencapai 65,6 persen.

“Tingginya kompetensi Ahok-Djarot dibandingkan Anies-Sandi di mata pemilih, tidak lantas berbanding lurus dengan tingkat elektabilitasnya,” kata Rico.

Survey tersebut dilakukan pada periode 1-6 April 2017 dengan melibatkan 1.200 responden warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih.

Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas Kotamadya dan gender, dengan margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(samsul arifin – harianindo.com)