Home > Teknologi > Sains > Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Jakarta – Pluto sebelumnya menjadi objek terakhir dalam tata surya. Namun, ternyata ada objek lain di luar sabuk Kuiper yang mengorbit pada matahari. Objek tersebut diidentifikasi sebagai V774104.

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Pada Oktober 2016, sebuah tim astronom di University of Michigan dan Survey Energi Gelap mengumumkan penemuan DeeDee, obyek ketiga paling jauh dari matahari. DeeDee adalah singkatan dari ‘Distant Dwarf’.

Dibutuhkan sekira 1.136 tahun untuk menyelesaikan satu orbit matahari, tetapi dengan menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array. Sebuah tim ilmuwan telah menemukan beberapa penemuan baru, makalah ini telah dipublikasikan dalam Astrophysical Journal Letters.

Ukuran DeeDee ini sekira 635 kilometer (394,6 mil) dengan diameter. Panjangnya seperempat Sungai Colorado, dan lebih dari setengah ukuran 1,187 kilometer (737,6 mil) tubuh Pluto. Dan tim mampu mengetahui angka temperaturnya yang melebihi 30 derajat Kelvin (-405.67 Fahrenheit, -243.15 Celsius).

DeeDee mungkin tidak menarik, tetapi seiring berjalannya waktu, memungkinkan kita harus mengetahui apa yang berada di sekitar planet ini. (Tita Yanuantari – harianind.com)

x

Check Also

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Rusia Jadi Negara Urutan Pertama Dalam Penyumbang Sampah di Ruang Angkasa

Jakarta – Berbagai perjalanan ruang angkasa telah dilakukan manusia. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian. ...