Jakarta – Apel pembekalan dan persiapan pengamanan Pilkada DKI putaran kedua telah dilakukan. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto pun tidak lupa menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo. Yakni, melangsungkan pilkada dengan aman dan damai.

Presiden Jokowi Sampaikan Amanat untuk Langsungkan Pilkada DKI dengan Aman dan Damai

Jokowi

“Saat kami menghadap Presiden RI, beliau jelas sampaikan pesan bahwa biarkanlah masyarakat DKI melaksanakan hak pilihnya dengan baik dengan aman dengan sebebasnya dan tak ada intimidasi dan ancaman dari pihak manapun,” kata Wiranto kepada ribuan personel keamanan di Ecovention, Ancol, Selasa (18/4/2017).

Wiranto mengatakan, pilkada sejatinya adalah pesta demokrasi yang harus dilaksanakan dengan suka cita tanpa ancaman dan intimidasi. Ia mengajak seluruh pihak untuk menjaga keamanan bersama aparat untuk mewujudkan pilkada yang baik.

Baca juga: Wiranto Imbau Personel Polri dan TNI Tindak Oknum yang Mengancam Jalannya Pilkada

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan besarnya pengamanan ini sesuai dengan instruksi Jokowi yang ingin warga Jakarta bebas memilih tanpa intimidasi.

“Petunjuk Presiden, bahwa hak pilih masyarakat Jakarta itu, sesuai dengan konstitusi. Dan Presiden menyampaikan, bahwa semua hak pilih, semua masyarakat yang akan melaksanakan Pilkada, sesuai dengan haknya untuk mencoblos, harus dalam kondisi damai, tenang, dan tanpa tekanan,” kata Gatot. (Tita Yanuantari – harianindo.com)