Home > Gaya Hidup > Menjijikkan Tapi Hasil Penelitian Menyebutkan Makan Upil Bagus Bagi Kesehatan Gigi dan Kekebalan Tubuh

Menjijikkan Tapi Hasil Penelitian Menyebutkan Makan Upil Bagus Bagi Kesehatan Gigi dan Kekebalan Tubuh

Massachusetts – Banyak orang bila mendengar kata ‘upil’ tentu saja akan menunjukkan ekspresi jijik. Hal ini tidak heram sebab upil diketahui sebagai kotoran di dalam hidung yang kerap membuat tidak nyaman bila tidak dikeluarkan.

Menjijikkan Tapi Hasil Penelitian Menyebutkan Makan Upil Bagus Bagi Kesehatan Gigi dan Kekebalan Tubuh

Namun sebuah penelitian dari tim riset di Massachusetts Institute of Technology mengungkapkan bahwa upil bermanfaat memberikan perlindungan pada gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang karena mengandung lendir saliva.

“Saya sangat antusias dengan lendir ini karena bisa membantu kita menemukan strategi baru dalam perlindungan dari infeksi, terutama yang berkaitan dengan pertumbuhan mikroba berbahaya yang berlebihan,” ujar salah satu peneliti, Katharina Ribbeck.

Pada 2015 lalu Ribbeck juga pernah menyebutkan bahwa lendir dari hidung mengandung antibiotik yang bisa membantu mencegah infeksi saluran pernapasan, sakit mag dan bahkan HIV.

Karena itu, Ribbeck berharap agar ke depannya bisa dikembangkan untuk dibuat lendir sintetis yang dapat dimasukkan ke dalam pasta gigi atau permen karet.

Dikutip dari Huffington Post, seorang profesor biokimia di University of Saskatchewan di Kanada, Scott Napper, pernah mengatakan kepada CTV News bahwa memakan upil bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal yang hampir sama juga juga pernah disebutkan oleh seorang spesialis paru-paru dari Austria, Friedrich Bischinger, kepada Men’s Health bahwa memakan upil bagus bagi sistem kekebalan tubuh.

“Hidung adalah filter di mana banyak bakteri berkumpul, dan saat campuran ini tiba di usus, ia bekerja seperti obat,” kata Bischinger.

Terlepas dari pro dan kontra soal ini, sebuah studi di Belanda pada 2006 lalu menyebutkan bahwa kegiatan mengupil bisa berujung luka dan meningkatkan risiko infeksi pada hidung.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Pelayan Hot di Hooters Bergoyang Tiap 45 Menit Sekali

Wow, Pelayan Hot di Hooters Bergoyang Tiap 45 Menit Sekali

Jakarta – Guna menarik perhatian para pengunjung, pramusaji seksi yang ada di sebuah restoran kawasan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis