Sochi – Valtteri Bottas akhirnya naik podium perdana Formula One (F1) 2017 di Sirkuit Sochi, Rusia, Minggu (30/4/2017). Kemenangan pembalap anyar tersebut mengukuhkan dominasi Mercedes di Grand Prix (GP) Rusia selama empat musim terakhir.

Kemenangan Bottas di Sochi Kukuhkan Dominasi Mercedes di Seri Rusia

Bottas sukses melanjutkan kemenangan timnya di Sochi sejak F1 2014. Pembalap berkebangsaan Finlandia itu mencatatkan waktu terbaik 1 jam 28,08 detik dalam 52 lap.

Hal ini merupakan hasil terbaik yang pernah diraih Bottas sejak pindah dari Williams pada musim 2017. Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan Nico Rosberg yang memutuskan pensiun lima hari usai meraih trofi juara dunia F1 musim 2016.

Meski menjuarai GP Rusia 2017, Bottas tidak ingin terlalu dini membicarakan gelar juara dunia musim ini. Pembalap berusia 27 tahun itu enggan untuk jemawa usai meraih kemenangan perdananya tersebut.

Bottas menuturkan, saat ini dirinya tidak khawatir dengan perbedaan poin yang dimilikinya saat ini dengan pemuncak klasemen, Sebastian Vettel, karena musim kompetisi yang masih panjang. Ia mengaku lebih tenang lantaran jarak antara dirinya dengan Vettel berkurang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)