Jakarta – Baru-baru ini, Rakyat Prancis baru saja memiliki Presiden baru. Emmanuel Macron berhasil terpilih menjadi Presiden Perancis yang baru, menggantikan Francois Hollande.

Setya Novanto Beri Tanggapan Terkait Terpilihnya Presiden Baru Perancis

Setya Novanto

Terpilihnya Marcon menjadi Presiden, membuat sejarah tersendiri bagi Prancis dan dunia. 65 Persen suara pemilih cukup membuktikan bahwa Macron sanggup memberi harapan, ide, pemikiran dan gagasan baru tentang Prancis, Uni Eropa dan dunia di masa depan.

“Saya terkesan atas rasionalitas pemilih yang telah menitip harapan pada keberlangsungan hubungan yang baik antar negara dan antar warga negara di dunia. Sebagaimana kita ketahui, ide-ide dan gagasan Macron sangat populis, tidak identik dengan kanan maupun kiri yang selama ini akrab terdengar dalam perpolitikan Eropa,” ujar Setya.

Macron juga dinilai sanggup memadukan saripati yang baik dari kedua ekstrim tersebut, mengakomodasi berbagai kepentingan Eropa dan kepentingan globalisasi namun tidak kehilangan ketegasan pada paham-paham radikal yang berpotensi memecah belah dan mendestruksi kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Pengamat Politik Nilai Langkah Pemerintah Yang Ingin Bubarkan HTI Sudah Tepat, Meski Terlambat

“Kemenangan Macron membuktikan, bahwa rakyat dunia di alam demokrasi, khususnya Perancis begitu dewasa dan matang dalam memahami kondisi globalisasi dan kepentingan yang mengakomodasi berbagai perbedaan. Perbedaan bukanlah musuh, melainkan dikelola sebagai kekuatan bersama,” imbuh politikus Golkar tersebut.

(bimbim – harianindo.com)