Home > Ragam Berita > Nasional > Walikota Amsterdam Bantu WNI Yang Ingin Gelar Aksi Untuk Ahok

Walikota Amsterdam Bantu WNI Yang Ingin Gelar Aksi Untuk Ahok

Amsterdam – Aksi simpati warga negara Indonesia terhadap vonis dua tahun penjara yang diberikan hakim kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai melanda di berbagai belahan dunia, seperti Asia, Australi, Eropa, dan Amerika.

Walikota Amsterdam Bantu WNI Yang Ingin Gelar Aksi Untuk Ahok

Khusus di negara Belanda sendiri, aksi simpati dilakukan di empat kota besar di Belanda, yaitu Amsterdam, Groningen, Den Haag, dan Utrecht.

Untuk di Amsterdam, awalnya warga akan berkumpul di Dam-Rak, dengan menyalakan lilin. Namun Wali Kota Amsterdam Eberhard Van der Laan yang juga menaruh simpati terhdap aksi dari para WNI ini justru memberikan ijin untuk menempati areal di Museumplein, Amsterdam, karena di sana tempatnya lebih luas.

Museumplein atau Museum Square sendiri merupakan area terbuka luas yang ditempati oleh beberapa museum dan bangunan penting di Amsterdam, seperti Museum Van Gogh, Steidelijk, dan Rijkmuseum. Di sana juga terdapat banyak patung-patung yang menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuam para wisatawan bila berkunjung ke Amsterdam.

Para WNI dengan berpakaian serba hitam sebagai tanda berduka atas meninggalnya keadilan di Indonesia terkait kasus Ahok.

“Ini sebagai simbol berkabung atas matinya keadilan dalam vonis penjara Ahok. Tidak adil, karena diboncengi politik,” ungkap seorang peserta aksi yang tergabung dalam Jaringan Ahok-Djarot Internasional.

“Kalau murni kasus hukum Ahok pasti bebas,” ungkap Densi Bura, warga Indonesia yang menetap di Haarlem, dan ambil bagian dalam aksi di Amsterdam ini.

Pasca vonis terhadap Ahok, Belanda menjadi salah satu negara yang memberikan sorota terhadp keputusan hakim tersebut.

Melalui Majelis Rendah (Tweede Kamer) Belanda, Negeri Kincir Angin ini bahkan mendesak agar kepada Menteri Luar Negeri, Bert Koenders untuk memberikan permohonan kepada Pemerintah Indonesia agar membebaskan Ahok.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pasca Aksi Solidaritas Untuk Ahok, Kepolisian Australia Tegur KJRI

Pasca Aksi Solidaritas Untuk Ahok, Kepolisian Australia Tegur KJRI

New South Wales – Pasca gelar aksi solidaritas untuk Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis