X
  • On26/05/2017
Categories: Unik

Penemuan Batu Langka Senilai Rp 4 Triliun

Rio de Janeiro – Sebuah batu hitam langka bernilai fantastis ditemukan oleh sekelompok penambang Brasil. Batu dengan berat 362 kilogram (kg) itu ternyata merupakan bongkahan batu Emerald dengan nilai mencapai 235 juta pound sterling atau setara dengan Rp 4 triliun.

Emerald dari Brasil

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Kamis (25/5/2017), batu tersebut ditemukan di tambang Carnaiba, di kota Pindobacu, Brasil. Ketika itu penambang tengah menggali batuan lain.

Proses penggalian lantas terhenti saat para penambang menemukan sebuah batu hitam raksasa yang berkilau hijau di bawah cahaya matahari. Demi dapat mengangkat batu tersebut, para penambang bersusah payah mengukir sekeliling batu agar tidak merusaknya. Batu tersebut kemudian dijual ke pembeli yang identitasnya sengaja dirahasiakan.

Tetaou, pengacara dari pembeli Marcio Jandir menyatakan, kliennya tidak memiliki rencana untuk menyimpan batu tersebut seorang diri. Dirinya bahkan memiliki rencana untuk memamerkan batu tersebut untuk umum.

“Kami telah melakukan semua penerbitan sertifikat. Dokumen tersebut telah dikeluarkan, dan hari ini pemilik batu tersebut diberi kuasa atas batu tersebut,” ungkap Marcio.

Baca juga: Unik, Pria Ini Bisa Putar Kepalanya Hingga 180 Derajat

Rencananya, batu tersebut akan dipamerkan dengan batu-batu berharga lainnya di museum dan perpustakaan nasional Brasil. Apabila dipotong dan dipoles, diperkirakan batu Emerald raksasa itu memiliki berat hingga 200 ribu karat. (Yayan – www.harianindo.com)

yayan vvotak: