Home > Ragam Berita > Nasional > Oknum BPK Diduga Perjualbelikan Status WTP

Oknum BPK Diduga Perjualbelikan Status WTP

Jakarta – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) telah mengetahui sejak lama adanya kabar jika status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diperjualbelikan oleh oknum di Badan Pemeriksa Keuangan.

Oknum BPK Diduga Perjualbelikan Status WTP

BPK

Fitra menyebutkan, kabar ini pun terbukti setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap auditor BPK terkait suap WTP untuk Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Ini adalah tamparan keras bagi BPK. Mitos selama ini bahwa ada jual beli predikat WTP di BPK seolah-olah terpecahkan,” ungkap Deputi Sekjen Fitra, Apung Widadi kepada awak media, Jumat (26/5/2017) malam.

Apung menambahkan, penangkapan oleh KPK tersebut harus dijadikan momentum reformasi total BPK.

Reformasi, Apung melanjutkan, bisa dilakukan dalam dua hal. Pertama reformasi internal, dengan memperbaiki sistem integritas internal auditor. Kedua, rombak pimpinan BPK, jangan ada yang berasal dari partai politik.

Apung menyatakan, BPK yang bersih menjadi sangat penting karena lembaga auditor negara tersebut mengaudit kurang lebih Rp 3.000 triliun uang negara setiap tahunnya, baik Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan Daerah (APBN dan APBD).

Baca juga: Video Oknum Seragam Loreng Siksa Copet Ini Viral di Medsos

“Ini adalah momentum untuk buka-bukaan borok di dalam BPK. Bagaimana kita akan bersih dari korupsi, kalau auditornya yang menentukan kerugian negara justru malah korupsi juga” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mempermasalahkan perbedaan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang ...