Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Pemilik Badan Kurus Bukan Berarti Bebas Diabetes

Pemilik Badan Kurus Bukan Berarti Bebas Diabetes

Jakarta – Penyakit diabetes ternyata tidak hanya menghantui orang-orang dengan tubuh yang gemuk, ternyata, diabetes juga dapat beresiko diidap ole orang yang berat badannya tergolong normal.

Pemilik Badan Kurus Bukan Berarti Bebas Diabetes

Orang dengan badan kurus tetapi jarang melakukan aktivitas fisik ternyata memiliki risiko besar mengalami pre-diabetes atau kadar gula darah di atas normal tetapi belum tergolong diabetes.

“Ada banyak orang yang termasuk memiliki berat badan normal, ternyata secara metabolik tidak sehat,” kata Arch Mainous dari Universitas Florida, AS.

Mainous bersama timnya menganalisa data lebih dari 1000 orang dengan usia diatas 20 tahun. Seluruh responden berat badannya normal dan tidak sakit diabetes.

Hasil analisa menunjukkan bahwa orang dengan gaya hidup yang kurang aktif, banyak duduk, memiliki peningkatan kadar gula darah yang sudah masuk kategori pre-diabetes. Lebih dari 45 persen orang yang kurang bergerak juga pre-diabetes atau diabetes.

Para ahli menuturkan, orang yang kurang bergerak kemungkinan memiliki “berat badan normal tidak sehat” atau “kurus tapi berlemak”, yakni proporsi lemaknya lebih banyak dibanding otot.

Sehingga, Mainous menghimbau agar jangan hanya berfokus pada asupan kalori, tapi juga meningkatkan aktivitas fisik.

Baca juga: Risiko Diabetes Tipe 2 Dapat Dikurangi dengan Konsumsi Pisang

Karena menurutnya, kondisi pre-diabetes yang dibiarkan dapat dengan sangat mudah meningkatkan risiko diabetes. (Rere – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mudah Lelah di Usia 30-an ? Ini Penyebabnya

Mudah Lelah di Usia 30-an ? Ini Penyebabnya

Jakarta – Saat usia menginjak 30, kita memang belum bisa dikategorikan tua. Namun beberapa orang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis