Home > Ragam Berita > Nasional > Disebut Tulisannya Hasil Plagiat, Afi Menangis

Disebut Tulisannya Hasil Plagiat, Afi Menangis

Jakarta – Asa Firda Inayah, atau yang biasa dipanggil Afi, tidak bisa menyembunyikan kesedihannya saat ditanya soal kabar yang menyebutkan bahwa tulisannya yang berjudul “Belas Kasih Dalam Agama Kita” yang diunggah lewat akun Facebooknya pada 25 Mei 2017 disebut plagiat dari hasil tulisan orang lain.

Disebut Tulisannya Hasil Plagiat, Afi Menangis

Afi yang diwawancarai oleh reporter Kompas TV, Bayu Setiono, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, awalnya terlihat santai. Namun ketika ia ditanya soal tuduhan plagiarisme di karya tulisannya, Afi mengaku tidak melakukannya dan belum mengetahuinya.

“Saya tidak tahu, saya belum banyak buka sosmed,” ucap Afi, Kamis (1/6/2017).

Afi mengaku dirinya telah menulis sejak lama dan hasil tulisannya juga banyak di-copy orang.

“Saya memang menulis di akun-akun lama, dari tahun 2012 dan beberapa tulisan di akun Afi tulisan lama. Akun lama Afi sudah di-take down,” kata Afi.

Bayu pun kemudian membacakan kabar yang menyebutkan bahwa tulisan Afi yang berjudul “Belas Kasih Dalam Agama Kita” disebut mengutip tulisan Mita Handayani yang telah ditulis pada 30 Juni 2016.

“Mita Handayani, minta konfirmasi aja sama akun Mita Handayani,” kata Afi.

Sejenak kemudian Afi mulai sedih dan matanya berkaca-kaca ketika menjelaskan tentang dugaan plagiarisme yang dituduhkan kepadanya.

Melihat Afi menunjukkan kesedihannya, Bayu kemudian berusaha menghibur dengan meminta Afi tersenyum kembali. Setelah itu, Bayu mengatakan bahwa ia memiliki kejutan bagi Afi.

Kejutan yang dimaksud itu ternyata ayah Afi yang tiba-tiba hadir dan memeluk Afi. Air mata Afi kemudian tidak bisa terbendung sehingga Bayu meminta tisu untuk Afi.

Ayah Afi hadir ke Jakarta untuk menemani Afi mengikuti upacara Hati Lahirnya Pancasila atas undangan langsung dari Presiden Joko Widodo.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Komentar Djarot Terkait dengan Pemindahan Ibu Kota RI

Inilah Komentar Djarot Terkait dengan Pemindahan Ibu Kota RI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berharap rencana pemindahan ibu kota RI dikaji ...