Home > Ragam Berita > Nasional > Puncak Arus Mudik Diperkirakan Terjadi Pada Tanggal 23 Juni

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Terjadi Pada Tanggal 23 Juni

Jakarta – Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengimbau pada seluruh pemudik yang akan kembali ke kampung halamannya dalam musim Lebaran tahun 2017 untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik. Ia juga meminta agar pemudik mengusahakan dapat berangkat lebih dini sebelum puncak mudik, yakni 23 Juni 2017.

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Terjadi Pada Tanggal 23 Juni

Arus Mudik

Selain karena bisa menikmati libur lebih lama, kemungkinan mengantri dengan kendaraan lain di pintu tol pun menjadi lebih sedikit.

“Karena itu (23 Juni 2017) merupakan puncak, kalau bisa tanggal 20, 21 Juni, itu pasti pulang lebih awal , mudik lebih awal, balik lebih awal kan sama aja bisa 7 hari atau 6 hari liburnya kan,” kata Budi Karya Sumadi di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (1/6/2017).

Sementara itu, pada puncak arus balik yang diperkirakan pada 1 Juli 2017, Budi menganjurkan pemudik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk tak hanya terkonsentrasi pada satu jalur yakni Cikopo-Palimanan (Cipali), namun juga dapat melewati jalur Pantai Utara dan Jalur Selatan.

“Jangan semata-mata Cipali, karena di sana kami juga akan melakukan manajemen buka tutup. Jadi kalau berlebihan kami akan tutup di situ,” ucapnya.

Budi lantas menganjurkan pada para pengendara sepeda motor untuk sebisa mungkin tidak mudik dengan motornya. Karena berdasarkan data statistik dari tahub ke tahun, kecelakaan motor sebagai penyumbang angka kecelakaan tertinggi. Sebagai gantinya, Kementerian Perhubungan sudah menyediakan mudik gratis.

Baca juga: Alumni 212 Kini Mendesak Jokowi Mundur

“Kami sediakan 208.000 orang mudik gratis, ada 48 ribu untuk mudik motor gratis juga. Kalau enggak bisa ya nabung dikit untuk naik bus,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Mengaku Stres Karena Diancam Ketum Hanura

Panglima TNI Mengaku Stres Karena Diancam Ketum Hanura

Bali – Situasi heboh terjadi kala Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terlihat hadir dalam Rapat ...