Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mendapat Vonis Kanker Payudara

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mendapat Vonis Kanker Payudara

Jakarta – Kanker payudara dinobatkan sebagai pembunuh terbesar wanita di seluruh dunia. Tidak jarang, wanita langsung patah semangat saat dirinya didiagnosis penyakit ini.

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mendapat Vonis Kanker Payudara

Kanker

Namun jangan panik, Penderita kanker sangat membutuhkan dukungan dari orang sekitar termasuk perawat yang mampu membantu perawatan secara fisik serta mental. Sandy Cross, navigator atau perawat pasien kanker payudara di Huntsville Alabama membangikan lima hal yang harus dilakukan wanita setelah didiagnosis kanker payudara.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com. Minggu (4/6/2017):

1. Ambil waktu untuk tenang

Menurut Sandy, penting bagi pasien kanker payudara yang baru didiagnosis untuk meluangkan waktu mempertimbangkan hasil diagnosisnya. Banyak wanita membuat keputusan sebagai reaksi spontan, dan inilah yang sebenarnya tidak boleh terjadi. Menemui navigator atau pemandu kesehatan payudara mungkin akan membantu karena tidak semua kanker payudara sama perawatan dan tingkat bahayanya. Semakin Anda belajar tentang diagnosis dan pilihan Anda, semakin banyak tenaga yang akan Anda dapatkan.

2. Buat tim pendukung pribadi

Buatlah sekelompok orang yang dapat Anda andalkan untuk menawarkan dukungan emosional dan praktis. Tunjuk keluarga dan teman untuk membantu pekerjaan Anda sehari-hari yang mungkin menjadi sulit sejak sejak didiagnosis kanker.

3. Pilih dokter dengan hati-hati

Pastikan untuk bertanya dan melakukan penelitian saat memilih di mana Anda akan berobat dan siapa dokter yang merawat Anda. Pilih tim dokter yang ahli dalam bedah payudara, onkologi medis, dan ahli onkologi radiasi. Ketiga spesialis ini masing-masing memainkan peran penting dalam menentukan pengobatan.

4. Bangun rencana jangka panjang

Penting untuk diketahui bahwa pasien kanker payudara adalah pejuang. Anda ingin melakukan apapun yang diperlukan untuk merencanakan pengobatan dan setelah perawatan. Cari program kesehatan untuk Anda ikuti setelah selesai perawatan dan mintalah tim kesehatan untuk merekomendasikan. Program ini dapat mengatasi modifikasi pola makan atau diet, olahraga, dan seksualitas Anda.

Baca juga: Suka Nonton Burung ? Ternyata Ini Manfaatnya

5. Tetap positif

Perspektif Anda dapat mempengaruhi bagaimana Anda mengalami perjalanan kanker payudara. Jadi, pertahankan sikap positif harus menjadi yang pertama dan terpenting. Ini memang tidak selalu mudah, tapi percayalah Anda akan keluar di susu yang lain dan selalu melihat maju ke depan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jangan Salah, 4 Makanan Sehat ini Bisa Gagalkan Diet Anda

Jangan Salah, 4 Makanan Sehat ini Bisa Gagalkan Diet Anda

Jakarta – Beberapa jenis makanan yang diklaim sehat ternyata kurang baik dikonsumsi saat sedang diet ...