Home > Ragam Berita > Nasional > Fatwa MUI Terkait Media Sosial Dapat Dukungan dari DPR

Fatwa MUI Terkait Media Sosial Dapat Dukungan dari DPR

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia membuat semacam rekomendasi berbentuk fatwa terkait pedoman bermedia sosial. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Agus Hermanto, menilai positif adanya fatwa MUI ini.

Fatwa MUI Terkait Media Sosial Dapat Dukungan dari DPR

“Fatwa ini cukup bagus sebagai pedoman bersosial media dengan baik,” kata Agus di Jakarta pada Selasa (6/6/2017).

Menurut politikus Partai Demokrat itu, kemunculan fatwa tepat di saat maraknya informasi palsu alias hoax. Bahkan Agus menilai fatwa MUI ini bisa berhasil nanti.

“Ini sangat bagus, masih fatwa. Lebih efektif,” ujar Agus.

Politisi yang juga Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, juga menilai fatwa ini tidak perlu dipermasalahkan oleh masyarakat. Dia juga meminta pemerintah bantu mensosialisasikan fatwa ini agar tidak dipandang negatif.

“Kita ini, MUI sering disalahkan,” kata dia.

“Jadi kita harus terima kasih. Harusnya segera pemerintah segera gandeng (MUI), dan hoax mengerikan sekali,” terang Fahri.

Sebagaimana diketahui, MUI mengeluarkan fatwa tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial. Ketua MUI, Ma’ruf Amin, mengatakan pihaknya akan membuat semacam rekomendasi agar fatwa tersebut dapat ditindaklanjuti para pihak terkait.

Baca juga: Gerindra : Deddy Mizwar Digadang-gadang Maju Dalam Pilgub Jabar

“Kami ingin supaya fatwa ini ada tindak lanjut, peraturan dan perundangan yang dibuat oleh DPR dan Pemerintah. Supaya ada ketegasan melalui fatwa dan peraturan,” kata Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin di Jakarta Senin (5/6/2017).

Dia mengatakan fatwa MUI tentang bermuamalah di media sosial perlu mendapat aturan yang jelas dari pemerintah dan parlemen, agar ada kepastian hukum. Sebab, saat ini, media sosial dibanjiri dengan munculnya konten negatif. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Yusril Diamankan Aparat Karena Diduga Terlibat Pembunuhan

Yusril Diamankan Aparat Karena Diduga Terlibat Pembunuhan

Jakarta – Yusril Ihza Mahendra (17) serta kakaknya, Sahrul Ramadan (20) ditangkap polisi karena diduga ...