Ontario – Penelitian terbaru menemukan fakta jika bawang merah dapat membantu melawan kanker kolon dan kanker payudara.

Bawang Merah Terbukti Ampuh Lawan Kanker

Bawang Merah

“Kami menemukan bahwa bawang merah bagus untuk membunuh sel kanker,” ungkap Abdulmonem Murayyan, mahasiswa doktoral dari University of Guelph di Ontario, Kanada.

Murayyan menambahkan, bawang merah mengaktifkan sebuah jalur yang mendorong sel kanker untuk mati dengan cara menciptakan lingkungan yang buruk bagi sel dan mengganggu komunikasi antar-sel kanker sehingga pertumbuhan pun terhambat.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Research International tersebut menemukan bahwa bawang merah mengandung quercetin, sebuah tanaman polifenol dari kelompok flavonoid yang banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan, dedaunan, dan biji-bijian; mampu menurunkan paradangan dan melawan alergi.

Tak hanya itu, bawang tersebut juga tinggi akan antosianin, yang memperkaya kandungan
dalam molekul kuersetin.

“Antosianin adalah kandungan yang memberikan warna pada buah dan sayur dimana semakin gelap warna, seperti pada bawang merah, maka semakin besar kemampuan melawan kanker,” tukas Murayyan.

Saat sel kanker usus besar dan kanker payudara ditempatkan agar langsung konyak dengan kuersetin yang diambil dari lima varietas bawang yang berbeda, tim tersebut menemukan mereka efektif dalam membunuh sel kanker.

Baca juga: Sekilas Tentang Kanker Serviks, Penyakit yang Merenggut Nyawa Jupe

“Selanjutnya kita akan mengujicoba apakah efek melawan kanker tersebut mempan pada manusia,” pungkas Murayyan. (Yayan – harianindo.com)