Home > Ragam Berita > Nasional > PDIP Bakal Minta Saran kepada NU Terkait Pilgub Jatim

PDIP Bakal Minta Saran kepada NU Terkait Pilgub Jatim

Jakarta – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya akan meminta masukan Nahdlatul Ulama (NU) terkait Pilkada Jawa Timur. Hal ini menyesuaikan historis politik PDIP di Jawa Timur yang menempatkan NU dalam kebijakan strategis.

PDIP Bakal Minta Saran kepada NU Terkait Pilgub Jatim

Masukan dari NU diperlukan karena untuk mencermati dinamika politik yang terjadi sampai sekarang. “Tetapi untuk Jawa Timur sesuai dengan historis dan kultural dan juga aspek sosiologis PDIP menempatkan NU untuk memberikan masukan-masukan terkait pilkada Jawa Timur. Sehingga kami mendorong proses-proses kerja sama strategis terkait hal tersebut lebih-lebih dengan mencermati dinamika politik saat ini,” kata Hasto di Jakarta pada Selasa (13/6/2017).

Dia menekankan meski meminta masukan dari NU, namun PDIP memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh pasangan calon untuk bisa didukung partainya. Tapi, sejauh ini, PDIP masih belum memutuskan nama yang diusung karena masih dalam proses penjaringan yang diawali dengan pendaftaran.

Baca juga: Inilah Tanggapan Agus Yudhoyono soal Isu Maju di Pilkada Jateng

“Kita baru bicara soal bagaimana Jawa Timur tidak bisa dilepaskan antara warga Nahdliyin dan juga basis PDIP. Sehingga didorong kerja sama antara PDIP yang kemudian punya sebuah intensif untuk terus menerus melakukan dialog dan mendengar masukan dari NU,” kata Hasto pada Senin (14/6/2017).

Dia menambahkan ruang dialog untuk mencari calon yang terbaik untuk Jawa Timur masih terbuka lebar. Terkait nama-nama yang muncul mulai dari Saifullah Yusuf atau Gus Ipul hingga Tri Rismaharini ditegaskan bahwa belum ada keputusan apapun dari partainya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Gubernur Maluku Utara Sindir Tol Laut Jokowi Tidak Efektif

Gubernur Maluku Utara Sindir Tol Laut Jokowi Tidak Efektif

Maluku – Kali ini giliran Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Ghani Kasuba yang memberikan pernyataan ...