Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, kepolisian terus melakukan pengamanan di sejumlah lokasi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang menimpa para pemudik.

Polisi Sebar Anggota ke Beberapa Titik untuk Cegah Kejahatan Jelang Lebaran

ilustrasi

“Semua kemungkinan kemungkinan sudah kami lakukan. Baik itu di rest area nanti anggota berpakaian preman kami libatkan untuk mem-backup anggota yang berpakaian dinas,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (21/6/2017).

Argo mengimbau masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk tidak percaya begitu saja dengan orang tidak dikenal. Terlebih, ada yang memberikan minuman juga harus tetap waspada.

“Kemudian, untuk masyarakat juga jangan mudah percaya sama orang. Nanti dikasih air putih mau, nanti tiba-tiba barangnya hilang. Itu jangan sampai. Jangan percaya. Cari pak polisi aja,” paparnya.

Baca juga: Yasonna Imbau Polisi Buru Tahanan yang Kabur dari Lapas Kerobokan

Untuk kawasan terminal, pihaknya menyarankan pemudik agar tidak membeli tiket melalui calo. Bila mereka menemukan orang yang menjual tiket bus maupun kapal dengan cara ilegal, Argo meminta masyarakat melaporkan ke polisi.

“Ya jangan mau dikasih. Bilang pak polisi disana, minta bantuan. Kalau ada kesulitan apa kan ada pospam, nanti kan ada pospam disana,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)