Home > Ragam Berita > Nasional > Ryamizard Kerja Sama dengan Malaysia dan Filipina Dalam Patroli Militer

Ryamizard Kerja Sama dengan Malaysia dan Filipina Dalam Patroli Militer

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menandatangani perjanjian trilateral antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina, dalam patroli maritim terkoordinasi atau disebut Trilateral Maritime Patrol Indomalphi.

Ryamizard Kerja Sama dengan Malaysia dan Filipina Dalam Patroli Militer

Perjanjian itu diteken oleh Ryamizard bersama Menhan Malaysia Dato Sri Hishammuddin Tun Hussein dan Menhan Filipina Delvin Lorenzana di Tarakan, Kalimantan Utara pada Senin (19/6/2017).

Peresmian ditandai dengan demonstrasi Indomalphi Quick Response, Sailing Pass yang melibatkan kapal perang dari ketiga negara dan flying pass. Ryamizard menegaskan bahwa Trilateral Maritime Patrol itu menjadi tonggak bersejarah untuk meningkatkan persatuan di negara-negara Asia Tenggara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan.

“Kami ingin mencegah agar daerah perairan di Asia Tenggara ini tidak jadi ajang teror seperti bajak laut di Somalia,” kata Ryamizard pada Rabu (21/6/2017).

Selain itu, kata purnawirawan bintang empat ini, kerja sama itu bisa menangkal masuknya kelompok teror global ISIS. Seperti diketahui, saat ini pemerintah Filipina sedang gencar menghadapi perang melawan kelompok simpatisan ISIS di Marawi.

“Kerja sama ini sangat diperlukan dan diperluas, bukan saja pada operasi laut, juga di darat dan udara, serta melibatkan negara ASEAN lainnya,” kata Ryamizard.

Baca juga: Ativitas Mudik Terbesar Terjadi di Stasiun Pasar Senen

Alasannya, untuk menghadapi ancaman faktual teror global dan ISIS, diperlukan persatuan bagi negara-negara ASEAN. Sebagai kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh, ASEAN wajib untuk terus meningkatkan stabilitas keamanannya, agar bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Kerja sama ini bisa memberikan manfaat optimal bagi ketiga negara dan keamanan kawasan ASEAN,” tutur Ryamizard. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Setya Novanto Juga Mengidap Tumor Tenggorokan?

Setya Novanto Juga Mengidap Tumor Tenggorokan?

Jakarta – Setelah menjalani operasi jantung belum lama ini, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto ...