Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tes Kehamilan ? Inilah 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui

Tes Kehamilan ? Inilah 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui

Jakarta – Terdapat beberapa cara untuk memastikan kehamilan, seperti menggunakan alat tes kehamilan hingga langsung pergi ke dokter. Banyaknya merek dan metode tidak jarang membuat para wanita kebingungan.

Tes Kehamilan ? Inilah 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui

Tes Kehamilan

Enam hal berikut ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil akurat tentang status kehamilan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (22/6/2017):

1. Semua tes memberikan hasil yang sama

Dari berbagai cara memastikan, pada dasarnya semua pengukuran mendeteksi sebuah hormon bernama human chorionic gonadotropin (HCG) yang akan meningkat saat terjadi kehamilan.

“Ketika tingkat hormon tersebut menjadi 25 International Units (IU), hasil yang keluar positif,” ujar ahli kandungan D. Thomas Ruiz dari Orange Coast Memorial Medical Center, California.

2. Lakukan di pagi hari

Kebanyakan pedoman alat tes kehamilan menyarankan untuk melakukan tes di pagi hari. Mengapa demikian? Setelah beberapa jam tertidur, HCG akan mengumpul di urine sehiangga konsentrasinya akan lebih besar dan hasil akan menjadi positif. Namun, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, tes kehamilan tak harus dilakukan di pagi hari karena alat tes semakin sensitif.

3. Mahal tak selalu berarti lebih akurat

Bagi Anda yang ingin memastikan dengan alat tes kehamilan yang dijual di pasaran, harga adalah salah satu faktor yang menentukan keyakinan pada akurasi. Padahal, hal tersebut tak benar. Meskipun beberapa alat tes mungkin memiliki ambang batas yang lebih rendah, Ruiz mengklaim bahwa pengujian di bawah 25 IU meningkatkan peluang Anda untuk positif palsu, karena HCG normal adalah 10.

4. Dokter akan melakukan tes yang berbeda

Selain tes urin, dokter juga bisa melakukan tes lain bersifat kuantitas melalui darah. Pada wanita yang berisiko terkena keguguran atau komplikasi kehamilan, tes tersebut akan dilakukan untuk memastikan kenaikan HCG.

“Kami mengecek ganda setiap 48 jam dimana saat berada di angka 1800, seharusnya janin bisa terlihat dan jika meningkat di angka 2500, kami bisa melihat kutub janin dan detak jantung,” terangnya.

5. Kesehatan memengaruhi hasil tes

Tak hanya kehamilan, beberapa jenis penyakit seperti adanya tumor dalam rahim juga bisa menunjukkan hasil positif pada alat tes.

Baca juga: Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

6. Percaya pada hasil tes

“Banyak orang yang memastikan berkali-kali apakah hasilnya positif karena tak percaya pertama kali. Jika sampai dua kali hasilnya sama, itu berarti Anda hamil,” simpul Ruiz. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Setnov Dikabarkan Mengidap Tumor di Tenggorokan

Dokter Jantung Menampik Keanehan Pada Posisi Infus Setnov

Jakarta – Viralnya meme tentang Setnov yang sedang terbaring di Rumah Sakit, membuat netizen menilai ...