Jakarta – Banyak orang akan lebih memilih menggunakan kantong teh ketimbang menyeduh daun teh secara langsung agar lebih praktis. Tetapi, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kantong teh dinilai kurang aman karena material yang digunakan dan bagaimana proses pembuatan bubuk teh instan.

Waspadai Efek-Efek Buruk Kantong Teh

Kantong Teh

Berikut ini beberapa fakta seputar kantong teh yang perlu Anda waspadai, seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (22/6/2017):

1. Jika Anda menyeduh kantong teh dalam air bersuhu esktrem dan muncul busa di permukaan air, maka Anda perlu waspada. Hal tersebut berarti karsinogen dalam teh yang dikenal dengan epiklorohidrin (biasanya dilapisi pada kantong luar) keluar sehingga menciptakan buih. Bahan tersebut dapat memenagruhi imunitas dan kesuburan secara umum.

2. Beberapa kantong teh terbuat dari bahan nilon khusus makanan, termoplastik, polipropilena, hingga PVC (Polivinil klorida) yang dapat langsung rusak ketika bersentuhan dengan air panas.

Baca juga: Hentikan 5 Kebiasaan Setelah Olahraga Berikut Ini

3. Kebanyakan kantong teh dikatakan mengandung residu pestisida dan beberapa bahan buatan untuk menambah rasa. (Yayan – harianindo.com)