Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 3 Fakta Terkait Program Diet

3 Fakta Terkait Program Diet

Jakarta – Apabila Anda saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan namun tidak kunjung berhasil, kemungkinan ada yang salah dengan program diet yang Anda jalani.

3 Fakta Terkait Program Diet

Diet

Terdapat sejumlah mitos seputar penurunan berat badan yang masih dilakukan hingga saat ini. Berikut ini tiga fakta yang membuat Anda menyadari bahwa mitos-mitos tersebut tidak memiliki dasar ilmiah seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (27/6/2017):

1. Mengeliminasi salah satu jenis makanan saja.
Menghilangkan salah satu jenis makanan untuk menurunkan berat badan bukanlah cara terbaik untuk menjadi langsing. Mencapai dan mengatur berat badan sehat lebih kompleks dari sekedar menghilangkan makanan “buruk”. Pola makan seperti itu cenderung menggagalkan misi penurunan berat badan dan membuat Anda kecewa karena tak bisa makan makanan kesukaan.

Pola makan yang baik bersifat berkelanjutan dan tidak mengorbankan jenis makanan tertentu. Tak ada yang salah dengan makan makanan manis dan pola makan yang Anda nikmati umumnya akan bertahan lama.

Beberapa jenis pola makan umumnya menghilangkan salah satu nutrisi, seperti karbohidrat, yang justru membahayakan tubuh. Selain itu, hal tersebut juga cenderung membuat Anda mengkonsumsi makanan tak sehat sebagai pengganti makanan yang dilarang, yang justru memberi dampak lebih buruk lagi.

2. Tak bisa mengganti pola makan buruk hanya dengan olahraga
Meskipun berpengaruh dalam keadaan tertetntu, perlu Anda ketahui bahwa olahraga tak bisa mengganti pola makan sehat. Berdasarkan jumlah kalori harian, hampir tak mungkin mendapatkan berat badan sehat hanya dengan berolahraga, bahkan jika Anda pergi ke gym tiap hari. Jumlah kalori yang terbakar saat berolahrgaa memang sangta tinggi, namun masih belum cukup untuk menurunkan berat badan.

Olahraga memang penting, namun harus dikombinasikan dengan pola makan sehat untuk memiliki tubuh bugar dan berat badan menurun secara maksimal.

3. Konsumsi terlalu sedikit kalori tidak selalu berhasil menurunkan berat badan
Memantau dan mengurangi jumlah asupan kalori adalah teknik penurunan berat badan yang ampuh namun tak bertahan lama. Bahkan, mengurangi jumlah kalori secara ekstrem dapat menurunkan berat badan secara kilat. Namun, perkara penurunan berat badan tak hanya itu.

Baca juga: Tips Tetap Bugar Saat Usia 30 Tahunan

Berat badan yang berkurang secara drastis di awal program akan berhenti dengan cepat dimana tak ada lagi kalori yang bisa dibakar. Dengan demikian, berat badan tak akan mengalami penurunan lagi. Hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan secara sehat. Lebih baik Anda mengurangi asupan kalori dengan takaran wajar dalam waktu yang konstan.

x

Check Also

Bagi Yang Punya Penyakit Jantung, Sebaiknya Hindari Lima Jenis Obat Ini

Bagi Yang Punya Penyakit Jantung, Sebaiknya Hindari Lima Jenis Obat Ini

Jakarta – Bagi penderita penyakit jantung, tentu saja harus menjaga pola makan dan gaya hidup ...