Jakarta – Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan salah satu perusahaan makanan capat saji yang terkenal dengan produk ayam gorengnya yang renyah dan garing. Hingga kini banyak yang meniru cara membuat ayam goreng ala KFC namun tidak ada yang bisa benar-benar mirip.

Ternyata Begini Rahasia Cara Menggoreng Ayam di KFC

Dilansir dari News.com.au, Rabu (21/6/2017), Nikki Lawson, managing director KFC wilayah Pasifik Selatan mengatakan bahwa banyak yang telah salah paham terkait produk KFC.

“Ada persepsi bahwa, karena ini makanan cepat saji, ini sudah dimasak sebelumnya (pre-cooked) dan kemudian dimasukkan ke sebuah alat penggorengan dan disajikan. Seni memasak yang terjadi adalah sesuatu yang disalahpahami,” ujar Lawson.

Lawson kemudian menjelaskan menjelaskan, sebelum digoreng fillet segar dari kulkas kemudian dibenamkan dalam seember air dingin.

“Kami mencelupkannya ke sana karena ini membantu tepung menempel pada ayam,” jelas Lawson.

Setelah itu filler dibaluri tepung roti (breading mix), dan ditaruh ke rak khusus.

Ternyata Begini Rahasia Cara Menggoreng Ayam di KFC

Ayam yang telah dilapisi tepung tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tong berisi minyak panas bertekanan tinggi. Hal ini dilakukan agar lebih cepat proses memasaknya dan memberikan rasa khas pada dagingnya.

“Rahasianya adalah campuran rempah, orang kami pun tidak tahu resepnya,” ucapnya.

“Anda bisa memasak ayam yang sama di open fryer dan rasanya berbeda,” tandasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)