Home > Ragam Berita > Nasional > Dana Parpol Naik, Tjahjo Kumolo : Itu Hal Wajar

Dana Parpol Naik, Tjahjo Kumolo : Itu Hal Wajar

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menganggap wajar meningkatkan 10 kali lipat dana bantuan dari pemerintah kepada partai politik. Kenaikan itu akan ditetapkan lewat Peraturan Pemerintah No 5 tahun 1999 tentang bantuan keuangan kepada partai politik yang tengah dibahas revisinya.

Dana Parpol Naik, Tjahjo Kumolo : Itu Hal Wajar

Mendagri, Tjahjo Kumolo

“Ini kan untuk kaderasisasi, untuk kegiatan-kegiatan yang bisa dipertanggungjawabkan, mendukung iuran anggota parpol, saya kira ini wajar. Nanti publik yang menilai, BPK yang mengauditnya,” kata Tjahjo Kumolo di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2017).

Menurut Tjahjo Kumolo, gagasan meningkatnya bantuan dana parpol dari Rp 108 menjadi Rp 1000 ini sudah sejalan dengan semangat menjaga kualitas demokrasi. Lagipula, kata Tjahjo, sebelumnya bantuan itu senilai Rp 1000 per suara, kemudian dipotong menjadi Rp 108 per suara.

Baca juga: Dipanggil KPK Terkait Kasus E-KTP, Tiga Anggota DPR Ini Mangkir

“Kami usulkan Rp 1000/suara sama seperti PP tahun 99. Jadi tidak ada kenaikan yang signifikan. Sebelumnya kan Rp 1000, kemudian dipotong menjadi Rp 108, nah kami kembalikan lagi menjadi Rp 1000. Saya kira kenaikan ini tidak signifikan kalau Rp 1000. Karena memang sudah pernah Rp 1000,” kata politikus PDIP itu.

Mengenai penggunaan anggarannya, lanjut Tjahjo, akan di?awasi langsung oleh pemerintah, KPK dan dibantu BPK RI melalui auditnya setiap tahun. “Mudah-mudahan bisa dipertanggungjawabkan lebih baik (oleh tiap Parpol),” kata Tjahjo. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terkait Pembubaran Ormas, Pemuda Muhamadiyah: Itu Sah Saja

Terkait Pembubaran Ormas, Pemuda Muhamadiyah: Itu Sah Saja

Jakarta – Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) nomor 2 tahun 2017. Perppu ...