Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kapankah Saat yang Tepat Untuk Konsultasi Vertigo ke Dokter ?

Kapankah Saat yang Tepat Untuk Konsultasi Vertigo ke Dokter ?

Jakarta – Penyakit vertigo sebaiknya jangan disepelekan karena dapat mengindikasikan masalah neurologis. Dr Pawan Ojha dari Klinik Sakit Kepala & Vertigo menjelaskan mengapa mengabaikan vertigo bisa berbahaya dan kapan saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter, seperti dilansir dari The Health site, Kamis (6/7/2017).

Kapankah Saat yang Tepat Untuk Konsultasi Vertigo ke Dokter ?

Vertigo

“Saat vertigo, sistem vestibular mengirimkan sinyal ke otak hingga menimbulkan gejala kelesuan, pusing, perasaan berputar atau ketidakseimbangan,” katanya.

Kasus yang parah bahkan dapat mempengaruhi psikologis pasien, menyebabkan rasa tak aman, takut akan psikosis, dan depresi. Vertigo atau ketidakseimbangan bisa berupa sentral (neurologis yang berhubungan dengan otak) atau perifer (vestibular atau yang berhubungan dengan telinga).

Seseorang pun harus mencari bantuan segera jika mengalami vertigo yang berhubungan dengan mual dan muntah parah. Selain itu juga pada vertigo yang tiba-tiba, yang berhubungan dengan ketidakseimbangan, kelemahan, kesulitan berbicara, menelan atau gejala neurologis yang parah, sebaiknya jangan diabaikan, namun segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Sebelum Beri Si Kecil Parasetamol, Perhatikan Hal Ini

Apabila Anda mengalami gejala neurologis tersebut, maka hal itu bisa mengindikasikan masalah serius seperti stroke atau tumor otak. Dan karena vertigo tak bisa disepelekan, Anda mungkin memerlukan perhatian medis segera dan intervensi tepat waktu. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Jakarta – Setelah melewati periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan (HPK), balita sangat rentan ...