Jakarta – Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit yang menakutkan bagi para wanita. Namun, tidak sedikit wanita yang juga mengabaikan anggota tubuh satu ini apabila tidak mengalami gejala yang mencurigakan.

Tiga Vitamin yang Penting Bagi Kesehatan Payudara

Vitamin-Vitamin

Salah satu langkah untuk mejaga kesehatan bagian tubuh tersebut adalah dengan menjaga pola makan. Tidak sembarang asupan, berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan payudara seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (7/7/2017):

1. Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang dapat mengurangi kerusakan internal akibat paparan radikal bebas sehingga mencegah infeksi jamur.

Sebagai tambahan, vitamin A juga dapat meningkatkan produksi ASI. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah wortel, mangga, daging sapi, ubi, dan telur.

2. Vitamin E

Selain baik untuk kulit, vitamin E mampu menjaga kesehatan dan fungsi payudara. Vitamin ini dapat mencegah pertumbuhan fibroid pada jaringan payudara dan mengurangi rasa sakit pada bagian tersebut saat haid. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah almond, bayam, alpukat, ikan, dan biji bunga matahari.

3. Vitamin C

Vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh ini dapat menyeimbangkan hormon payudara sehingga menjaga jaringan payudara tetap terhidrasi dan mencegah adanya penggandaan sel yang tak normal.

Baca juga: Mengatasi Kuping Sakit Si Kecil

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah jeruk, kacang merah, kale, sayruan hijau, brokoli, jambu biji, dan stroberi. (Yayan – harianindo.com)