Home > Ragam Berita > Nasional > Mahfud MD Tekankan Pentingnya Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda

Mahfud MD Tekankan Pentingnya Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda

Aceh – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengajak generasi muda untuk mengawal Pancasila sebagai ideologi negara yang bersifat final.

Mahfud MD Tekankan Pentingnya Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda

“Kalau berbicara masalah ideologi, kita sebagai sebuah negara mempunyai sebuah ideologi yang sangat kuat, yakni Pancasila,” ucap Mahfud di Banda Aceh, Senin (24/7/2017).

Hal itu dikatakan Mahfud, di hadapan seribuan orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), dihadiri Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch Fachruddin, dan Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak.

Dalam acara kuliah umum yang dipandu oleh Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal dengan tema “Mengawal Ideologi Negara Melawan Radikalisme”, Mahfud menekankan pentingnya suatu ideologi dalam sebuah negara, dan Indonesia telah sepakat menggunakan ideologi Pancasila.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila otomatis menjadi cita-cita normatif bagi bangsa ini di dalam penyelenggaraan negara. Arah penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia kata dia, harus menjunjung tinggi ketuhanan, dan nilai-nilai kemanusiaan yang beradab.

Baca juga: Kuasa Hukum Habib Rizieq Berharap Kapolda Baru Jalankan Hukum Berdasarkan Standarisasi

Kemudian lanjut Mahfud yang juga patut dijunjung tinggi adalah kesadaran atas persatuan dan kesatuan bangsa, berkerakyatan, serta menjunjung nilai-nilai keadilan bagi masyarakat di Indonesia.

“Sekarang, bagaimana kita menjadikan perbedaan tersebut jadi satu di tengah perbedaan yang ada. Dan ini harus kita kawal bersama,” tuntasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Amankan 100 Orang Gila, Pihak Polres Bogor Buka Suara

Amankan 100 Orang Gila, Pihak Polres Bogor Buka Suara

Bogor – Pihak Kepolisian Resor (Polres) Bogor diketahui telah melakukan pengamanan terhadap orang dengan gangguan ...