Jakarta – Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta agar partainya segera menarik kader PAN dari kabinet pemerintahan Joko Widodo.

Amien Rais Imbau PAN Segera Tarik Kader dari Kabinet Jokowi

Amien Rais

Saat ini, PAN memiliki satu kursi menteri di kabinet, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur. Selain itu, ada juga Kepala Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang ditempati Sutrisno Bachir.

“Pokoknya saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik,” kata Amien pada Senin (23/7/2017).

Saat ditanya apakah selanjutnya PAN akan kembali bergabung dengan koalisi oposisi yang dimotori Partai Gerindra, Amien tak menjawabnya secara tegas. “(Koalisi) dengan rakyat,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Asman enggan terlalu menanggapi permintaan Amien tersebut. “Itu urusan partai,” kata Asman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Asman menegaskan bahwa ia tidak ikut campur mengenai dinamika yang terjadi karena hal tersebut adalah urusan politik. “Itu kan urusan partai. Urusan politik. Jadi kalau saya urusannya kerja. Yang penting kerja kita laksanakan dengan baik,” ucap Asman.

Baca juga: Rizieq Shihab Dikabarkan Bakal Kembali ke Tanah Air saat Hari Kemerdekaan

Sementara itu, PAN belakangan kerap berseberangan sikap dengan pemerintah dan koalisi partai pendukungnya. Salah satunya, soal pengambilan keputusan UU Pemilu.

PAN bersama tiga partai non-pemerintah, yakni Gerindra, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memilih keluar ruang rapat paripurna atau walkout saat pengambilan keputusan UU Pemilu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2017) malam. (Tita Yanuantari – harianindo.com)