Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, masa kehamilan merupakan saat yang tak dapat dilupakan. Bentuk tubuh pun akan berubah dan tak sedikit dari mereka yang mengalami kenaikan berat badan, dan terjadi perubahan pada anggota tubuh terutama perut dan payudara.

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Ilustrasi

Bukan cuma saat hamil, tubuh wanita juga akan mengalami perubahan setelah melahirkan. Ketahui beberapa perubahan pada tubuh wanita setelah melahirkan seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (25/7/2017) berikut ini:

1. Bentuk perut tidak lagi rata

Sebagian besar wanita akan mengalami otot perut yang terpisah saat hamil. Masalahnya, ini bisa tetap terjadi setelah melahirkan. Saat pita otot yang melingkar sejajar dengan perut Anda terpisah, mereka akan meninggalkan ruang yang disebut dengan diastasis recti. Tanpa otot perut ini, Anda akan melihat perut yang buncit.

2. Dorongan seksual kembali dengan cepat

Umunya, butuh waktu sedikitnya enam minggu setelah melahirkan untuk kembali berhubungan intim dengan suami. Namun, 26 persen wanita sudah lebih cepat melakukan hubungan seks. Karenanya, dokter merekomendasikan untuk memasang alat kontrasepsi karena gairah seks dapat kembali dengan cepat.

3. Kentut lebih sering

Luka pada saraf panggul selama persalinan dapat menyebabkan Anda tidak mampu mengendalikan gas dalam perut atau kentut. 15 persen wanita setidaknya mengalami kebiasaan ini hingga satu tahun setelah melahirkan.

4. Pelvis sakit di luar jahitan

Melahirkan secara normal dapat mengubah organ genital Anda. Namun, melahirkan normal juga dapat mempengaruhi pelvis atau panggul Anda. Jika Anda melahirkan bayi yang besar, ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada panggul.

5. Tiroid bermasalah

Kehadiran bayi dalam rahim mengubag sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara yang tidak dapat dipahami. Salah satu contohnya adalah 10 persen wanita mengalami masalah tiroid sementara. Masalahnya yaitu kelenjar dapat kurang aktif atau terlalu aktif. Beberapa gejala tiroid bermasalah yakni kelelahan, perubahan berat badan, dan perubahan suasana hati. Namun, sebagian besar tiroid wanita dapat kembali normal dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga: Kesalahan-Kesalahan Umum Dalam Pemakaian Masker

6. Pembuluh darah keluar

Selain stretchmark, pembuluh darah akan lebih menonjol selama kehamilan. Saat hamil, pembuluh darah di kaki Anda meregang dan melebar. Bagi beberapa wanita, mereka akan mengalami varises atau pembuluh darah yang menonjol setelah kehamilan. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Agar Tidak Timbul Gangguan Kesehatan, Ini Saran Dokter Bila Mengkonsumsi Daging Kambing

Jakarta – Pada Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan ‘pesta makan daging kambing’ karena ...