Jakarta – IQ atau intelejensi seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya dari makanan dan gaya hidup seseorang

Enam Hal Ini Bisa Bikin IQ Anda Turun

Beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari justru dapat mengakibatkan daya ingat, kecerdasan, atau kemampuan berpikir otak menjadi menurun.

Berikut beberapa hal di antaranya:

1. Makanan Manis
Mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar gulanya dapat mempengaruhi fungsi sel otak dan kemampuan kognitif. Pasien diabetes mempunyai risiko terserang demensia yang lebih besar.

2. Obesitas
Sebuah riset yang dimuat di American Journal Of Epidemiology menunjukkan, obesitas bisa menyebabkan penurunan kemampuan kognitif serta peningkatan risiko demensia di kemudian hari.

3. Bergaul Dengan Perokok
Terus-menerus menghirup asap rokok dapat meningkatkan karbon monoksida dan mengurangi oksigen dalam tubuh, yang tentu saja sangat buruk bagi kesehatan otak.

4. Kegiatan Multi-tasking
Ibarat komputer, otak juga bisa ‘ngehang’ bila dipaksa untuk membuka banyak program. Kebiasaan multi-tasking bisa menekan proses di otak Anda. Bagian lobus frontal di otak adalah mesin utama yang mengarahkan perhatian Anda, dan bagian ini punya daya pemrosesan yang terbatas. Jika mencoba melampaui apa yang otak Anda sanggupi, kerja otak bisa jadi akan terhambat.

5. Stres
“Stres tingkat tinggi bukan hanya dikaitkan dengan fungsi otak yang buruk, tetapi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer,” kata Brendan Kelly, MD, seorang ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center.

6. Selalu Bepergian
Sering bepergian melalui zona waktu yang berbeda bisa mengacaukan jam biologis tubuh. sehingga menimbulkan gangguan tidur, makan, dan regulasi hormon, yang kesemuanya bisa mempengaruhi kemampuan kerja otak.
(samsul arifin – harianindo.com)