Home > Gaya Hidup > Sekilas Tentang Java Coffee

Sekilas Tentang Java Coffee

Jakarta – Kopi Jawa (Java coffee) merupakan kopi yang berasal dari Pulau Jawa di Indonesia. Kopi ini sangatlah terkenal sehingga nama Jawa menjadi nama identitas untuk kopi.

Sekilas Tentang Java Coffee

Kopi Jawa

Seperti dilansir dari bedadung.com, Rabu (26/7/2017), Kopi Jawa Indonesia tak memiliki bentuk yang sama dengan kopi Sumatra dan Sulawesi, cita rasa juga tidak terlalu kaya sebagaimana kopi dari Sumatra atau Sulawesi karena sebagian besar kopi Jawa diproses secara basah (wet process).

Meski demikian, sebagian kopi Jawa mengeluarkan aroma tipis rempah sehingga membuatnya lebih baik dari jenis kopi lainnya. Kopi Jawa memiliki keasaman yang rendah dikombinasikan dengan kondisi tanah, suhu udara, cuaca, serta kelembaban udara.

Kopi Jawa yang paling terkenal yaitu Jampit dan Blawan. Biji kopi Jawa yang tua (disebut old-brown) berbentuk besar, dan rendah kadar asam.

Baca juga: Makanan dan Minuman Tinggi Kafein Selain Kopi

Kopi ini dengan rasa kuat, pekat, rasa kopi manis. Produksi Kopi Jawa Arabika dipusatkan di tengah Pegunungan Ijen, di bagian ujung timur Pulau Jawa, dengan ketinggian pegunungan 1400 meter. Kopi ini dibudidayakan pertama kali oleh kolonial Belanda pada abad 18 pada perkebunan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Enam Hal Ini Bisa Bikin IQ Anda Turun

Enam Hal Ini Bisa Bikin IQ Anda Turun

Jakarta – IQ atau intelejensi seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya dari makanan dan ...