Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pasokan garam di wilayah DKI Jakarta belum langka.

Terkait Kelangkaan Garam Nasional, Djarot : Jakarta Masih Tercukupi

Djarot Saiful Hidayat

“(Kelangkaan garam) nasional itu tapi kalau Jakarta belum. Jakarta enggak ada loh ya. Belum ada laporan,” kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2017).

Saat ini memang belum terjadi kelangkaan garam di Ibu Kota. Namun Djarot khawatir jika terus seperti ini akan turut berdampak kepada warga di Jakarta. Lantaran itu, ia mengajak warga Jakarta turut serta peduli pada nasib petani garam di daerah.

Ia menduga, langkanya garam di pasaran dipicu ulah para spekulan yang menginginkan Indonesia mengimpor garam dari negara lain. “Ini dugaan saya aja loh ya,” ujarnya menambahkan.

Menurut Djarot, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal itu berarti juga memiliki lautan luas dan hasil garam yang melimpah maka agak aneh jika Indonesia sampai mengalami kelangkaan garam. “Tidak layak kita untuk impor garam makanya industri pergaraman ini harus mendapatkan perhatian serius dari kita,” ujarnya.

Baca juga: Probowo Tegaskan Partainya Tidak Bertanggung Jawab dengan Lahirnya Presidential Treshold

“Tentunya pemerintah pusat yang bertanggung jawab. Kita harapkan ada solusi yang terbaik supaya pergaraman di Indonesia kembali bangkit,” tambahnya.

Akhir-akhir ini, pasokan garam di beberapa wilayah di Tanah Air dikabarkan mengalami kelangkaan. Petani garam di beberapa wilayah mengalami gagal panen akibat cuaca yang tidak menentu.