Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mitos-mitos Terkait Olahraga

Mitos-mitos Terkait Olahraga

Jakarta – Melakukan olahraga adalah salah satu kegiatan fisik yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, masih banyak mitos terkait olahraga yang belum pasti kebenarannya namun terlanjur dianggap sebagai kebenaran.

Mitos-mitos Terkait Olahraga

Olahraga

Praktisi Kesehatan Olahraga Michael Triangto menyatakan, tidak semua mitos itu tepat meskipun beberapa di antaranya memang mendekati. Lantas apa sajakah mitos-mitos tersebut?

1. Lari di siang hari mengenakan jaket akan membuat berat badan lekas turun.

Menurut Michael, lari di siang hari memang dapat menurunkan berat badan. Namun apa yang turun? Yang jelas, kata dia, lari di siang hari mengenakan jaket akan membuat tubuh cepat berkeringat. Artinya banyak cairan tubuh yang hilang.

“Berarti yang hilang air dong bukan lemaknya. Dan memang (berat badan) akan turun tetapi akan cepat naik lagi karena yang hilang bukan lemak, tetapi air,” ujarnya dalam Selamat Pagi Indonesia seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (28/7/2017).

Problemnya, kata Michael, ketika banyak cairan tubuh hilang akan berdampak pada denyut jantung dan tekanan darah. Kekurangan cairan membuat darah mengental. Organ jantung beserta ginjal akan bekerja lebih keras memompa dan menyaring darah.

2. Semakin sering olahraga semakin bagus

Mitos ini tak sepenuhnya benar. Menurut Michael ada grafik dari WHO yang menyatakan bahwa dengan berolahraga akan membuat tubuh lebih sehat. Namun ketika sangat sering berolahraga, Dia mengibaratkan seperti lintasan peluru, cepat di awal namun jatuh di akhir.

Artinya, dengan berolahraga orang yang mulanya sehat akan bertambah sehat. Namun ketika sudah sampai pada puncaknya, kesehatan justru akan turun.

“Sampai sini cedera maupun masalah kesehatan justru bisa terjadi. Jadi setiap orang harus tahu puncaknya sampai mana olahraga yang harus dilakukan,” katanya.

3. Saya rajin olahraga, jadi saya bisa makan apa saja

“Sebagian betul bisa makan apa saja tapi jumlahnya tidak boleh berlebihan. Tapi kembali lagi goalnya apa, kalau goalnya sehat membentuk otot silakan. Tapi kalau goalnya ingin menurunkan berat badan asupannya tetap diatur,” kata Michael.

4. Tidak boleh mandi air dingin setelah olahraga

Mitos ini menurut Michael benar. Sebab pada saat olahraga tubuh mengeluarkan sebagian besar energi dan banyak berkeringat. Ketika langsung mandi setelah olahraga, pori-pori tubuh akan mengerut dan menghambat proses keluarnya panas tubuh.

“Bagi yang sehat no problem tapi bagi yang sudah mempunyai masalah kesehatan disarankan tidak. Istirahat dulu minimal 1 jam sambil minum untuk mengganti cairan yang terbuang.”

Baca juga: Hepatitis C Bisa Menular Lewat Hubungan Badan

5. Wanita yang olahraga angkat beban akan kekar seperti tubuh pria

Mitos ini tidak benar. Sebab, wanita dan pria memiliki hormon yang berbeda. Pria umumnya berotot lebih besar dibandingkan wanita. Boleh jadi wanita juga berotot namun tidak akan sebesar pria. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Usia Produktif Rentan Alami Gigi Sensitif

Usia Produktif Rentan Alami Gigi Sensitif

Jakarta – Gigi sensitif merupakan salah satu gangguan gigi yang umum dialami orang. Bahkan, mereka ...