Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Bakal Jadwalkan Pemeriksaan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo

KPK Bakal Jadwalkan Pemeriksaan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, keponakan Ketua DPR Setya Novanto, dalam penyidikan perkara korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (KTP-e).

KPK Bakal Jadwalkan Pemeriksaan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo

Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta pada Senin (31/7/2017), mengatakan Irvanto diperiksa sebagai saksi untuk Setya Novanto, yang sudah menjadi tersangka dalam perkara ini.

Selain memeriksa Irvanto, KPK juga akan memeriksa dua saksi lain terkait Setya Novanto, yakni wiraswastawan bernama Toni dan karyawan swasta bernama Yuliana. Dalam penyidikan kasus itu, KPK telah menggeledah rumah Irvanto di Kompleks Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2017), dan menyita dokumen dan barang bukti elektronik dari sana.

KPK pada Senin (24/7/2017) juga telah mencegah Irvanto ke luar negeri selama enam bulan mulai 21 Juli 2017 untuk kepentingan pemeriksaan terkait kasus KTP-e untuk tersangka Setya Novanto. Irvanto mengaku memimpin konsorsium Murakabi Sejahtera, yang merupakan salah satu peserta lelang KTP elektronik, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Dia juga mengaku aktif di Partai Golkar, yang dipimpin oleh pamannya, dan bahkan sejak 2016 menjadi wakil bendahara DPP Golkar. Ia mengatakan membeli PT Murakabi pada 2006 dengan membeli saham adik Andi Narogong, Vidi Gunawan, yang katanya merupakan teman SMA dia di Bogor.

Baca juga: Elza Syarief Dimintai Keterangan KPK Terkait Kasus E-KTP

Irvanto menjabat sebagai manajer pengembangan bisnis PT Murakabi Sejahtera pada 2007-2010 dan pada 2010 menjadi direktur perusahaan yang bergerak di bidang printing dan security printing itu. “Pernah sekali datang ke ruko Fatmawati pada sekitar akhir 2010. Saat itu ada rekan saya dari PT Pura yang menginformasikan bahwa ada pertemuan sejumlah perusahaan percetakan di ruko itu,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Agar Tak Nyasar Seperti Habiburokhman, Simak Rute di Simpang Susun Semanggi Ini

Agar Tak Nyasar Seperti Habiburokhman, Simak Rute di Simpang Susun Semanggi Ini

Jakarta – Nyasarnya Ketua Bidang Advokasi Gerindra Habiburokhman saat melintas di Simpang Susun Semanggi, tentu ...